BMKG Rilis Jadwal Fenomena Hari Tanpa Bayangan untuk Wilayah Bali, Pertama di Denpasar

- 24 Februari 2023, 09:55 WIB
Ilustrasi fenomena hari tanpa bayangan untuk wilayah Bali.
Ilustrasi fenomena hari tanpa bayangan untuk wilayah Bali. /PIXABAY/Hamsterfreund

RINGTIMES BALI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis jadwal fenomena hari tanpa bayangan untuk wilayah Bali, Kamis, 23 Februari 2023. Fenomena hari tanpa bayangan di Bali, akan terjadi pada tanggal 26 hingga 28 Februari 2023.

Fenomena hari tanpa bayangan adalah ketika matahari berada pada posisi paling tinggi di langit, berada tepat di atas kepala pengamat atau bisa juga disebut titik zenith. Hal ini mengakibatkan bayangan dari suatu benda tegak akan terlihat menghilang.

Fenomena hari tanpa bayangan ini terjadi karena, bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi, sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dukung Pencabutan Izin Pariwisata Jual Beli Kepala di Bali

Perubahan posisi matahari dari bumi terjadi antara 23,50 Lintang Utara (LU) sampai dengan 23,50 Lintang Selatan (LS). Perubahan posisi matahari ini disebut sebagai gerak semu harian matahari, hal inilah yang memicu terjadinya fenomena hari tanpa bayangan atau deklinasi matahari yang sejajar dengan titik pengamat.

Uniknya, fenomena saat deklinasi matahari sejajar dengan lintang pengamat ini, hanya berlangsung selama 30 detik, sesudah dan sebelum waktu puncak di masing-masing wilayah, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Berikut daftar daerah di wilayah Bali, beserta tanggal dan waktu terjadinya fenomena hari tanpa bayangan atau hari kulminasi utama yang dilansir dari akun Instagram @bmkgbali, Kamis, 23 Februari 2023:

Baca Juga: Jenazah PMI Korban Gempa Turki Tiba di Klungkung, Bali

1. Denpasar

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah