Dinkes Gianyar Jalin Kemitraan dengan Adinkes Tanggulangi Penyakit ATM

- 23 Februari 2023, 19:53 WIB
Dinkes Gianyar menjalin kemitraan dengan Adinkes untuk menanggulangi penyakit HIV AIDS, TBC dan malaria (ATM).
Dinkes Gianyar menjalin kemitraan dengan Adinkes untuk menanggulangi penyakit HIV AIDS, TBC dan malaria (ATM). /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam menanggulangi penyakit HIV AIDS, TBC dan malaria (ATM), terus diupayakan.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gianyar adalah berkolaborasi dengan Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes).

Kegiatan tersebut berlangsung diruang sidang Kantor Bupati Gianyar, pada hari Kamis, 23 Februari 2023.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, DR. I Ketut Mudana, Sekretaris Adinkes PW Bali, Tri Indarti, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Gianyar, I Putu Awan Saputra, dan jajaran terkait lainnya.

Baca Juga: Atlet Berprestasi Porprov XV Tahun 2022 Terima Bonus dari Bupati Gianyar

Dalam kesempatan tersebut I Ketut Mudana menerangkan, Indonesia saat ini masih menghadapi tantangan besar yakni tiga masalah kesehatan yang membebani, yaitu masalah tingginya penyakit menular seperti HIV AIDS, TBC dan malaria (ATM).

"Selain TBC, masalah HIV AIDS juga masih menjadi masalah dan tantangan di Kota di Indonesia khususnya di Kabupaten Gianyar," ujarnya.

Dari laporan program HIV AIDS tercatat temuan kasus HIV AIDS kumulatif sampai dengan Tahun 2022, yakni sejumlah 2.181 kasus dari estimasi kasus HIV AIDS di Gianyar sebanyak 3.153 kasus.

1.489 ODHIV on ARV atau sedang aktif melakukan pengobatan ARV dan 834 ODHIV viral loadnya tersupresi atau virusnya tidak terdeteksi. Data tersebut tercatat di 19 layanan KTS dan 3 layanan PDP di Kabupaten Gianyar.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x