Sistem Pembayaran Elektronik Mulai Digunakan di Pasar Timur Amlapura Karangasem, Bali

- 17 Februari 2023, 08:07 WIB
Suasana aktivitas jual beli di dalam Pasar Timur Amlapura, Karangasem, Bali.
Suasana aktivitas jual beli di dalam Pasar Timur Amlapura, Karangasem, Bali. /twitter/@polsekkarangas1

RINGTIMES BALI - Pedagang di Pasar Timur Amlapura, Karangasem, Bali, dan Pasar Subagan telah menerapkan sistem pembayaran retribusi elektronik sebagai pengganti sistem pembayaran tunai yang sebelumnya digunakan. 

Sistem ini menggunakan teknologi seperti kartu atau token elektronik yang memungkinkan pembayaran yang lebih efisien dan transparan. 

"Dalam peresmian kebijakan retribusi elektronik itu, Bupati Gede Dana membagikan kartu pembayaran secara gratis ke seluruh pedagang Pasar Timur Amlapura," jelasnya, dikutip dari Antara, Jumat, 17 Februari 2023.

"Nantinya, para pedagang dapat mengisi saldo dan melakukan pembayaran dengan memindai kode pada kartu," sambungnya.

Baca Juga: Bali Bersiap Kedatangan Rombongan Pejabat dari China

Selain itu, sistem ini dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pasar, termasuk dalam hal pemantauan pendapatan dan pengeluaran. 

"Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa retribusi elektronik ini merupakan upaya transparansi pemerintah, sehingga ke depan akan diterapkan di seluruh pasar rakyat se-Kabupaten Karangasem," ungkapnya. 

Pembayaran yang tercatat dalam sistem elektronik juga dapat diperiksa dan diverifikasi dengan lebih mudah, sehingga dapat mencegah tindakan korupsi atau kecurangan. 

Hal ini dapat meningkatkan integritas pasar dan memberikan manfaat bagi para pedagang, pemerintah, dan masyarakat secara keseluruhan. 

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, Bulog Pastikan Stok Beras di Bali Aman

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x