Kunjungan Kerja ke Bali, Wali Kota Medan Belajar Kelola Wisata dari Desa Penglipuran

- 15 Februari 2023, 12:12 WIB
Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama jajarannya melakukan studi banding ke Bali dan melihat kolaborasi masyarakat adat di Desa Penglipuran dapat dijadikan contoh untuk daerah lainnya.
Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama jajarannya melakukan studi banding ke Bali dan melihat kolaborasi masyarakat adat di Desa Penglipuran dapat dijadikan contoh untuk daerah lainnya. /Instagram/@bobbynst

RINGTIMES BALI - Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama jajarannya serta memboyong 21 camat se-Kota Medan belajar bagaimana desa di Bali bisa dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia dan bebas dari praktek korupsi di Indonesia. 

Sebanyak 21 camat, sejumlah OPD dan Sekda, Dandim serta Kapolrestabes Medan, diajak oleh Bobby untuk studi banding ke sejumlah daerah di Provinsi Bali dan salah satunya adalah Desa Penglipuran. 

Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali terkenal sampai pelosok negeri dengan julukan desa terbersih di dunia bersama Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India. 

Baca Juga: Wali Kota Medan Kunjungan Kerja ke Bali, Belajar Cara Kelola Pariwisata

Adalah majalah dari Amerika Serikat, Boombastic Magazine menobatkan ketiga desa ditiga negara berbeda sebagai desa terbersih di dunia, pada awal 2016. 

"Berkat kebersihan dan kerapihannya, desa wisata di Bangli ini menyabet beberapa penghargaan di antaranya Kalpataru," kata Bobby dalam keterangan tertulis di Medan, Selasa 14 Februari 2023. 

Bobby berharap dengan mengunjungi Desa Penglipuran kami bisa belajar bagaimana cara kelola desa wisata agar bisa diaplikasikan pada daerahnya. 

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta tampak menyambut rombongan Pemkot Medan, selain didaulat menjadi desa terbersih, Desa Penglipuran juga tampak masih melestarikan rumah-rumah adat hingga hutan bambu yang begitu asri. 

Baca Juga: Dana Hibah Pilbup dan Pilwabup Dikorupsi, Kejari Badung Tetapkan IGNW Sebagai Tersangka

Sebelumnya rombongan Pemkot Medan ini juga mengunjungi kantor desa Kutuh di jalan Melasti, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x