Dinas Kebudayaan Buleleng Gelar Lomba Membuat Wayang dan Palawakya, Wujud Lestarikan Budaya Bali

- 29 Agustus 2022, 16:30 WIB
Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Membuat Wayang dan Palawakya di Wantilan Sasana Budaya Singaraja pada Senin, 29 Agustus 2022.
Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Membuat Wayang dan Palawakya di Wantilan Sasana Budaya Singaraja pada Senin, 29 Agustus 2022. /Dok. Pemerintah Kabupaten Buleleng

RINGTIMES BALI - Sebagai salah satu komitmen Pemkab Buleleng untuk melestarikan warisan seni dan budaya Bali, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menggelar Lomba Membuat Wayang dan Palawakya di Wantilan Sasana Budaya Singaraja.

Lomba yang diadakan pada Senin, 29 Agustus 2022 tersebut menyasar generasi muda sebagai penerus seniman dan budayawan Buleleng.

Kadis Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika menyadari bahwa minat generasi muda untuk menekuni bidang pewayangan, khususnya membuat wayang sudah sangat jarang ditemui.

Baca Juga: Klungkung Hapuskan Denda PBB-P2 Sampai Akhir Tahun 2022 

Maka dari itu, pihaknya secara berkelanjutan melakukan sosialisasi dan hari ini dilangsungkan perlombaan untuk melihat perkembangan dan antusiasme generasi muda.

Pihaknya ingin agar penguatan serta pengenalan kembali warisan budaya Bali kepada generasi muda.

“Karena selama ini warisan budaya yang berupa adat tradisi seperti membuat wayang dan palawakya ini sudah mulai tergerus zaman,” ucap Kadis.

Terkait peserta, ia menyampaikan perlombaan kali ini merupakan generasi muda perwakilan masing-masing kecamatan di Kabupaten Buleleng.

Baca Juga: Wagub Cok Ace Paparkan Penyelenggaraan Cadangan Pangan dalam Rapat Paripurna DPRD Bali

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x