Rayakan Rahina Tumpek Uye, Gubernur Koster Lepas 100 Ekor Tukik di Laut Yeh Gangga

- 27 Agustus 2022, 14:50 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster merayakan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Segara Kerthi di Pura Batur Ancang, Desa Adat Yeh Gangga.
Gubernur Bali Wayan Koster merayakan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Segara Kerthi di Pura Batur Ancang, Desa Adat Yeh Gangga. /Dok. Humas Pemprov Bali

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali Wayan Koster merayakan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Segara Kerthi di Pura Batur Ancang, Desa Adat Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Koster turut melakukan pelepasan 100 ekor tukik di laut Yeh Gangga bersama Ratu Shri Bhagawan Putra Nata Nawawangsa Pemayun, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama.

Turut hadir Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, dan Kepala OPD di Pemerintah Provinsi Bali.

Baca Juga: Makna Rahina Tumpek Uye yang Dirayakan Seluruh Umat Hindu di Bali Hari Ini

Selain itu, dilakukan juga pelepasan burung ke habitatnya, vaksinasi anjing dan sapi, hingga resik sampah di sekitar pantai.

Kegiatan tersebut menurutnya menjadi salah satu upaya untuk memuliakan binatang atau satwa.

“Salah satu cara memuliakan binatang adalah dengan menggelar Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Sagara Kerthi, yang telah diperkuat dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 10 Tahun 2022,” kata Gubernur Koster dalam sambutannya.

Baca Juga: Rahina Tumpek Uye, Bupati Gede Dana Lakukan Sembahyang Bersama di Pantai Jasri Karangasem

Tak hanya dirayakan oleh Pemerintah Provinsi Bali, Rahina Tumpek Uye juga dilaksanakan dan diatur serentak oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x