Bupati Suwirta Hadiri Pengukuhan Panitia Tetap Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi di Banjarangkan

- 27 Agustus 2022, 12:00 WIB
Bupati Suwirta menghadiri upacara Pengukuhan dan Mejaye-jaye Panitia Tetap Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi Tahun 2022-2027.
Bupati Suwirta menghadiri upacara Pengukuhan dan Mejaye-jaye Panitia Tetap Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi Tahun 2022-2027. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung menghadiri upacara Pengukuhan dan Mejaye-jaye Panitia Tetap Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi Tahun 2022-2027 di Penataran Pura Agung Kentel Gumi, Desa Tusan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Jumat, 26 Agustus 2022.

Dilansir dari Humas Pemkab Klungkum, Sabtu, 26 Agustus 2022, upacara Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi akan dilaksanakan pada Purnama Kelima, 8 November 2022 mendatang.

Baca Juga: Peringati Hari Tumpek Uye, Bupati Suwirta Pimpin Aksi Bersih-bersih Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta berharap semua panitia yang dikukuhkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik, bijak, menjadi tauladan dengan pasaja.

Dia menjelaskan kata pasaja dalam hal itu berarti menjalankan swadarmanya sebagai panita yang sungguh-sungguh.

Pura Agung Kentel Gumi merupakan salah satu pura penting, Pura Kahyangan Jagat, sebagai sungsungan masyarakat umat Hindu di Bali, dimana di pura tersebut berstana Ida Sang Hyang Reka Bhuwana yang sebagai pencipta alam semesta.

Baca Juga: Festival Dewi Klungkung Culinary Resmi Dibuka, Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Majukan Kuliner Lokal

Di Pura Agung Kentel Gumi masyarakat Bali bisa mengenal jejak-jejak sejarah perjalanan spiritual Mpu Kuturan, yang membuat kehidupan sosial masyarakat Bali menjadi seimbang dan damai.

Selain berfungsi sebagai Kahyangan Jagat, seperti yang tertera di lontar Raja Purana Batur, juga merupakan salah satu dari Tri Guna Pura, yaitu Khayangan Tiga-nya jagat (pulau) Bali, dengan fungsi untuk memohon anugrah dan penyegjeg jagat (keseimbangan dunia).***

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x