Rahina Tumpek Uye, Bupati Gede Dana Lakukan Sembahyang Bersama di Pantai Jasri Karangasem

- 27 Agustus 2022, 13:12 WIB
Bupati Gede Dana dan Forkopimda melakukan kegiatan sembahyang bersama Rahina Tumpek Uye di Pantai Jasri Karangasem.
Bupati Gede Dana dan Forkopimda melakukan kegiatan sembahyang bersama Rahina Tumpek Uye di Pantai Jasri Karangasem. /Instagram/@karangasemterkini

RINGTIMES BALI – I Gede Dana selaku Bupati Karangasem dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan kegiatan sembahyang bersama di Pantai Jasri, Desa Pekraman Jasri, Kelurahan Subagan, Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Persembahyangan bersama tersebut dilakukan dalam rangkaian Rahina Tumpek Uye dan Segara Kerthi yang dipimpin langsung oleh Jro Mangku Nyoman Pura.

Bupati Gede Dana menyampaikan bahwa Rahina Tumpek Uye atau yang biasa dikenal dengan Tumpek Kandang merupakan salah satu media bagi umat Hindu untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Baca Juga: Bupati Suwirta Hadiri Pengukuhan Panitia Tetap Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi di Banjarangkan

Serta memuja keagungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa melalui pemeliharaan atas ciptaan-Nya berupa binatang peliharaan atau ternak.

"Perayaan Tumpek Uye ini, sebagai umat Hindu adalah memuja keagungan sang pencipta sebagai Siva atau Pasupati, yang memelihara semua makhluk di alam semesta ini,” kata Bupati Gede Dana, dikutip dari Humas Pemkab Karangasem, Sabtu, 27 Agustus 2022.

“Pemujaan ini diwujudkan dengan memberikan upacara selamatan terhadap semua bintang, khususnya binatang ternak atau piliharaan,” sambungya.

Baca Juga: Sukseskan ODF, Bupati Suwirta Letakan Batu Pertama Pengerjaan 60 Unit Septic Tank di Desa Selat, Klungkung

Selain itu, dilakukan juga upacara Segara Kerthi yang bermakna untuk menjaga kesucian atau kelestarian pantai dan lautan serta berbagai sumber-sumber alam yang ada didalamnya, karena lautan memegang peranan penting pada kehidupan di bumi.

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Karangasem


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x