Walikota Denpasar Didapuk Jadi Narasumber, Atasi Covid-19 Dengan Program Jagabaya

- 19 Juli 2022, 20:48 WIB
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didapuk menjadi narasumber pada Workshop on Sharing Experiences in Disaster Management at Comunity and Rural/Poor Household Level yang digagas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Teba Majelangu, Desa Budaya Kertalangu De
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didapuk menjadi narasumber pada Workshop on Sharing Experiences in Disaster Management at Comunity and Rural/Poor Household Level yang digagas Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Teba Majelangu, Desa Budaya Kertalangu De /dok. Humas Pemkot Denpasar

RINGTIMES BALI - Jadi pembicara pada Sharing Experiences Kemendes PDTT, Walikota Denpasar Jaya Negara paparkan mitigasi bencana dan pemulihan ekonomi pasca bencana, pada Selasa, 19 Juli 2022.

Workshop yang digagas oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Teba Majelangu, Desa Budaya Kertalangu Denpasar. 

Walikota Denpasar sebelumnya menjelaskan bagaimana sistem mitigas bencana yang dilakukan Kota Denpasar, hingga menjelaskan bagaimana pemulihan ekonomi pasca bencana Covid-19. 

Baca Juga: Walikota Denpasar Didapuk Menjadi Narasumber, Jaya Negara: Sudah Ada 8 Desa Tangguh Bencana

Jay Negara menjelaskan bahwa pandemi Covid-19,selain memberikan pengaruh pada kesehatan, juga memberikan dampak pada sisi ekonomi di Bali secara umum, salah satunya Kota Denpasar. 

"Berbagai strategi pengendalian covid-19 telah dilaksanakan, antara lain adalah dengan program “Jagabaya”, yaitu kolaborasi antara Forkopimda bersama satgas pencegahan covid-19 Kota Denpasar, hingga level desa/kelurahan/desa adat/dusun/lingkungan. Selain itu upaya peningkatan vaksinasi di kota Denpasar dalam rangka pembentukan herd immunity terus kami laksakan," jelas Jaya Negara.

Terkait inovasi penanganan kesehatan di masa pandemi, Pemkot Denpasar memiliki aplikasi Denpasar Siaga Covid-19 (Desac), yang merupakan layanan berbasis chatbot whatsapp, yang digunakan untuk menghubungkan langsung antara pemerintah dengan warga terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Pujawali Pengratep Karya di Pura Dang Kahyangan Petitenget

"Dalam rangka upaya pemulihan ekonomi, kami melaksanakan program Pandemic Incubation Program (PIP), yang merupakan program pelatihan, pemberian stimulus dan pendampingan mulai usaha bagi warga yang terdampak pandemi covid 19," tutur Jaya Negara

Tak hanya skala Kota, kebijakan pemulihan ekonomi pasca bencana juga dilaksanakan di Desa. Salah satunya adalah penyaluran bantuan langsung tunai dana Desa sebesar sekitar 47 persen dari total dana Desa.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Humas Pemkot Denpasar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x