Pemkot Denpasar Cegah PMK Targetkan Vaksin 1000 Sapi

- 8 Juli 2022, 11:20 WIB
Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana saat menggelar rakor penanganan PMK di Denpasar, Kamis, 7 Juli 2022.
Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana saat menggelar rakor penanganan PMK di Denpasar, Kamis, 7 Juli 2022. /ANTARA/HO-Pemkot Denpasar.

RINGTIMES BALI – Pemerintah Kota Denpasar menargetkan dapat melakukan vaksinasi untuk 1.000 sapi di daerah tersebut sebagai upaya mencegah dan menanggulangi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Desinfeksi lokasi kandang hewan yang sakit dan sekitarnya adalah hal yang bisa dilakukan. Selain itu melakukan vaksinasi,” ucap Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana ketika menggelar rakor penanganan PMK pada Kamis, 7 Juli 2022 dikutip dari Antara.

Tidak hanya itu, upaya pencegahan dilakukan dengan penyemprotan desinfektan pada pelabuhan dan meletakan keset yang mengandung desinfektan di pintu masuk area rentan penularan PMK.

Baca Juga: Pemkab Buleleng Bentuk Satgas Penanganan PMK yang Kian Mewabah  Baca Juga: Pemkab Buleleng Bentuk Satgas Penanganan PMK yang Kian Mewabah  

Rapat yang dipimpin Alit Wiradana yang juga selaku Ketua Satgas Penanganan PMK Denpasar turut dihadiri pimpinan OPD dan Forkompimda Denpasar yang juga ditunjuk sebagai bagian keanggotaan Satgas Penanganan PMK.

Alit Wiradana menekankan langkah yang harus difokuskan dalam penanganan PMK yaitu seputar desinfeksi, vaksin, dan aksi respon cepat tanggap pada PMK.

Selain itu, juga dibutuhkan koordinasi dari para anggota Tim Satgas Penanganan PMK yang bersinergi dengan kepolisian.

Baca Juga: Gong Kebyar Duta Klungkung Tampil Memukau di PKB XLIV, Bawakan Tari Kreasi Sang Hyang Enjo-enjo

Ia menyampaikan, edukasi dan pembinaan juga sosialisasi terkait PMK di masyarakat merupakan hal yang harus dilakukan. Maka dari itu, semua elemen di masyarakat harus bekerjasama untuk mempercepat penanganan PMK nantinya.

Disisi lain, Ida Bagus Joni Ariwibawa selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar mengatakan saat ini salah satu upaya yang telah dilakukan yaitu memberikan vaksin PMK yang menyasar 1.000 ekor sapi di Denpasar.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x