Gong Kebyar Duta Klungkung Tampil Memukau di PKB XLIV, Bawakan Tari Kreasi Sang Hyang Enjo-enjo

- 8 Juli 2022, 09:30 WIB
Gong Kebyar Duta Kabupaten Klungkung dibawakan oleh Sekaa Gong Crekeh Genjer, Desa Lembongan di Panggung Terbuka Ardha Candra.
Gong Kebyar Duta Kabupaten Klungkung dibawakan oleh Sekaa Gong Crekeh Genjer, Desa Lembongan di Panggung Terbuka Ardha Candra. /Instagram.com/@disbudprovbali

RINGTIMES BALI - Gong Kebyar Duta Kabupaten Klungkung dibawakan oleh Sekaa Gong Crekeh Genjer, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung dalam pagelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV pada 30 Juni 2022 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Art Center.

Sekaa Gong Crekeh Genjer mengambil konsep dari kearifan lokal yang dipadukan dengan tema ‘Danu Kerthi’ dalam Tari Kreasi Sang Hyang Enjo-enjo.

Gong Kebyar Wanita ini ditampilkan oleh 38 orang penabuh, 4 orang gerong, dan 40 orang penari beserta pendukung.

Baca Juga: Binda Bali Gelar Vaksinasi Gratis di PKB XLIV, Harapkan Raih Pencapaian di Atas 70 Persen

Sebelumnya Sekaa Gong yang terbentuk pada tahun 2019 ini direncanakan tampil pada pagelaran PKB tahun 2020 lalu.

“Tetapi terbentur karena terkena Covid-19 dan Astungkara di PKB 2022 ini, anak-anak kami bisa pentas,” ungkap Perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya.

Selama persiapan pementasan sejak bulan Februari lalu, pihaknya mengalami kendala untuk mengumpulkan peserta latihan lantaran beberapa merantau ke luar pulau.

Baca Juga: PMK di Bali Meningkat, Pemkab Gianyar Mulai Sebarkan Vaksin kepada Peternak

“Sehingga kami coba untuk bekerja sama dengan pihak ketiga, terutama terkait dengan transportasi, keseharian mereka untuk latihan, Astungkara itu disambut baik sama masyarakat,” kata Gede Arjaya.

Pihaknya juga melibatkan perantau yang tinggal di sekitaran area PKB dan anggota komunitas ‘Semeton Lembongan Denpasar dan Klungkung.’

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x