7 Makanan Berbahaya yang Mengandung Racun dan Sebabkan Kematian, Salah Satunya Singkong

- 25 Januari 2021, 18:15 WIB
Ada tujuh makanan berbahaya yang mengandung racun dan dapat sebabkan kematian, seperti singkong salah satunya. /Pixabay/Bintang_Galaxy


RINGTIMES BALI -
Ada beberapa makanan berbahaya yang harus dihindari atau dibatasi, meskipun memiliki rasa yang enak dan sudah sangat umum dikonsumsi karena memiliki racun yang bisa menyebabkan kematian.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsinya termasuk dalam kategori makanan berbahaya. Maka dari itu, anda harus mengenali makanan yang mengandung racun ini.

Dilansir dari food safety, Beberapa jenis makanan berikut tergolong berbahaya karena dapat menyebabkan kematian :

Baca Juga: Simak, 15 Manfaat Daun Singkong, Dipercaya Bisa Obati Stroke, Diare, bahkan Rematik

1. Fugu

Fugu adalah kata dalam bahasa Jepang untuk ikan buntal dan hidangan yang dibuat darinya bisa sangat beracun. Ovarium, usus, dan hati ikan fugu mengandung tetrodotoxin, neurotoxin hingga 1.200 kali lebih mematikan daripada sianida.

Dosis mematikan tetrodotoxin lebih kecil dari kepala peniti dan satu ikan memiliki racun yang cukup untuk membunuh 30 orang. Jika salah disiapkan, makan fugu bisa melumpuhkan saraf motorik dan menyebabkan henti napas yang fatal.

2. Buah Ackee

Makan buah ackee, buah nasional Jamaika, adalah permainan yang berbahaya. Ackee mentah mengandung racun yang disebut hipoglikin, sehingga buahnya harus benar-benar matang dan dibiarkan terbuka secara alami di pohon agar dapat dimakan dengan aman.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Singkong Rebus Ternyata Bisa Cegah Diabetes Tipe 2

Halaman:

Editor: Putu Diah Anggaraeni

Sumber: Food Safety News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X