Simak, 15 Manfaat Daun Singkong, Dipercaya Bisa Obati Stroke, Diare, bahkan Rematik

- 16 Desember 2020, 06:00 WIB
Simak, 15 Manfaat Daun Singkong, Dipercaya Bisa Obati Stroke, Diare, bahkan Rematik /Pixabay/mayapujiati

RINGTIMES BALI – Singkong merupakan tumbuhan umbi-umbian yang memiliki karbohidrat dan jumlah kalori yang cukup. Dibandingkan dengan ketela pohon, daun singkong jauh lebih bermanfaat. 

Biasanya, daun singkong ini dikonsumsi dalam lalapan atau makanan lainnya karena rasanya yang enak. Di sisi lain, daun singkong mengandung vitamin, protein, mineral dan asam amino esensial sehingga memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Protein yang ditemukan dalam daun singkong ini dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh dan penyusun sistem enzim. Ketersediaan asam amino membantu mengubah energi menjadi karbohidrat. 

Baca Juga: Kombinasi Makanan Ini Tidak Baik Dikonsumsi Bersamaan, Pisang dan Jambu Salah Satunya

Selain itu, asam amino juga membantu memulihkan luka pada kulit, memberikan daya ingat yang baik, kesehatan tulang, dan sistem metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, klorofil yang ditemukan di dalam daun  tersebut memberikan sifat antikanker dan antioksidan.

Daun singkong lebih rendah kalori dan memberikan efek kenyang. Daun singkong juga membantu pencernaan dan mampu mengatasi sembelit. 

Selain itu, juga dapat membantu meredakan sakit kepala, sebagai obat flu, cacingan, rematik, maag, diare dan meningkatkan stamina. 

 Baca Juga: Kedelai Baik untuk Tulang, Jantung hingga Cegah Kanker, Simak Manfaat Lainnya

Melansir dari laman healthbenefitstimes.com, berikut beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan diantaranya:

1. Mengobati stroke

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Health Benefit Times


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X