Bupati Bangli Genjot Pembangunan IKM Kopi Arabika di Desa Catur, Kintamani: Tingkatan Kesejahteraan Masyarakat

- 5 April 2023, 17:36 WIB
Pembangunan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi Desa Catur, Kintamani yang merupakan salah satu program Bupati Bangli.
Pembangunan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi Desa Catur, Kintamani yang merupakan salah satu program Bupati Bangli. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana/

RINGTIMES BALI - Pembangunan Gedung Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Kopi Desa Catur, Kintamani merupakan salah satu program Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam pemberdayaan masyarakat Bangli menuju Bangli Era Baru.

Proses perencanaan pembangunan Gedung Sentra IKM dimulai dari awal tahun 2022. Selanjutnya atas perencanaan tersebut dilakukan proses pengajuan anggaran ke Pemerintah Pusat yang melalui berbagai proses yang panjang.

Hingga akhirnya turun alokasi anggaran melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Adapaun anggaran yang dialokasikan oleh Pemerintah Pusat untuk Pembangunan Gedung Sentra IKM adalah sebesar Rp9.456.207.000,-

Dari anggaran tersebut dibagi dalam tiga alokasi yaitu untuk pembangunan gedung sebesar Rp6.202.522.000, pengadaan peralatan dan mesin sentra IKM sebesar Rp3.000.000.000, dan belanja penunjang untuk administrasi dan proses tender sebesar Rp253.685.000.

Baca Juga: Tepat Purnama Kedasa, Puncak Upacara Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih Digelar

Mengawali pembangunan Gedung Sentra IKM tersebut, Sedana Arta didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar melaksanakan Ground Breaking (peletakan batu pertama), Rabu, 5 April 2023.

Sedana Arta mengatakan kopi arabika Kintamani adalah salah satu produk unggulan Kabupaten Bangli dengan cita rasa yang khas dan sudah dikenal luas baik di dalam maupun luar Negeri.

Proses pengolahan dan bisnis kopi arabika Kintamani telah membentuk branding produk kopi Kintamani yang sudah kuat sebagai modal investasi yang penting untuk kita kembangkan.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x