Tepat Purnama Kedasa, Puncak Upacara Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih Digelar

- 5 April 2023, 15:16 WIB
Puncak upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih digelar bertepatan dengan Purnama Kedasa, Rabu, 5 April 2023.
Puncak upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih digelar bertepatan dengan Purnama Kedasa, Rabu, 5 April 2023. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana/

RINGTIMES BALI - Muspayang sembah bakti serangkaian puncak upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih digelar bertepatan dengan Purnama Kedasa, Rabu, 5 April 2023.

Prosesi persembahyangan diawali dari Catur Loka Pala Pura Gelap dan dilanjutkan di Penataran Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

Dalam rangkian upacara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Suwirta tampak hadir muspayang sembah bakti (sembahyang bersama).

Usai melaksanakan persembahyangan, Suwirta mengatakan bahwa dirinya berharap seluruh umat, khususnya umat Hindu di Bali diberikan kesejahteraan dan diberkati ketenangan hati serta pikiran.

Baca Juga: Seekor Ikan Paus Sperma Ditemukan Terdampar di Pantai Lepang, Klungkung 

Melalui upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih ini, semua dapat diberikan kedamaian dan keselamatan.

"Semoga melalui upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih ini kita semua diberikan kedamaian dan keselamatan," ucap Suwirta.

Sementara itu, Jero Mangku Widiartha selaku Bendesa Adat Besakih menyampaikan bahwa panitia sebelumnya telah melakukan beberapa rangkaian upacara.

Adapun rangkian upacara tersebut di antaranya pada 21 Maret 2023 dilaksanakan upacara Ngaturang Pemiyut, Negtegang, Ngunggahang Sunari, Pengrajeg dan Pengemit Karya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x