Ramai Kasus WNA Ber-KTP Indonesia, Oknum Disdukcapil Denpasar Terlibat

- 10 Maret 2023, 16:52 WIB
Polda Bali akan menyelidiki WNA asal Suriah Mohamed Zghaib yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.
Polda Bali akan menyelidiki WNA asal Suriah Mohamed Zghaib yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia. /Ringtimes Bali/I Made Bayu Tjahyaputra

RINGTIMES BALI - Diketahui bahwa yang bersangkutan berinisial MZ, ia adalah WNA asal Suriah yang telah memalsukan identitas dengan membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diperuntukan kepada Warga Negara Indonesia (WNI).

Identitas di dalam KTP yang MZ buat juga tidak sesuai dengan paspor yang ia kantongi.

Dalam paspornya ia bernama Mohamed Zghaib berkebangsaan Suriah namun di KTP namanya Agung Nizar Santoso dengan NIK 5171010905900006.

Bahkan alamat yang tercantum di KTP milik MZ setelah dilakukan penelusuran ternyata hanya lahan kosong di Jalan Kerta Dalem Sari IV Sekar Kangin, Sidakarya, Denpasar.

Baca Juga: Aniaya Istri yang Sedang Hamil 6 Bulan, Suami Diamankan Polres Badung

Sebelumnya Kepala Dusun Sekar Kangin, Sidakarya Wayan Sunaryo mengaku telah membuatkan KTP tersebut, namun dirinya tidak mengetahui bahwa yang membuat KTP adalah WNA asal Suriah.

Ia menjelaskan hanya membantu temannya berinisial MS, Sunaryo percaya karena yang bertanggung jawab adalah oknum aparat.

"Awalnya dia tidak bilang kalau yang buat WNA. Masak aparat bohong, ketemu tidak, padahal orang ini baik," ucap Sunaryo.

Saat itu ia tidak mengecek dan langsung membuat surat pengantar, lalu memasukan data MZ di dalam Kartu Keluarga (KK) milik salah satu warganya atas nama Sutayer yang tinggal di Jl. Kerta Dalem Sari IV No. 19, Sekar Kangin, Sidakarya, Denpasar.

Baca Juga: Diduga Palsukan Dokumen untuk Buat KTP, Imigrasi Denpasar Tahan WNA Asal Suriah

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x