PMKRI Denpasar Soroti Maraknya WNA yang Berulah di Bali

- 9 Maret 2023, 18:41 WIB
Ketua PMKRI Denpasar, Alexandro Rolandi.
Ketua PMKRI Denpasar, Alexandro Rolandi. /Ringtimes Bali/Laurensius Adrian Putra Segu

RINGTIMES BALI - Maraknya warga negara asing (WNA) yang berulah di Pulau Dewata akhir-akhir ini mendapatkan perhatian khusus dari aktivis kemahasiswaan.

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Denpasar Sanctus Paulus, Alexandro Rolandi menyoroti sikap meresahkan para 'bule' yang kerap berurusan dengan aparat penegak hukum.

"Sikap nyeleneh para bule itu tidak bisa ditolerir. Harus ada konsekuensi hukum secara tegas yang diberikan oleh aparat," kata Roland, sapaanya, kepada Ringtimes Bali, Kamis 9 Maret 2023.

Menurutnya, ada beberapa tindakan nyeleneh bule hingga viral di media sosial akhir-akhir ini, misalnya trend menggunakan sepeda motor tanpa pelat nomor kendaraan atau ugalan-ugalan di jalanan sehingga mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya.

Baca Juga: Wisman Berulah di Bali, Dispar Minta Pemilik Rental Tegaskan Standar Atribut Berkendara

Tak hanya itu, ada pula yang menyalahgunakan visa, kabur dari hotel tanpa membayar, melakukan perbuatan asusila ditempat suci, sampai mempersoalkan ayam berkokok.

"Hal ini Jika terus dibiarkan maka akan dianggap pelemahan hukum. Jangan sampai hukum dan kedaulatan negara kita diinjak-injak oleh mereka," tegas Roland.

Dia pun menduga, dari banyaknya oknum bule bermasalah itu, beberapa di antaranya berasal dari negara yang sedang berkonflik, semisal Rusia dan Ukraina.

"Meskipun tidak menutup kemungkinan juga berasal dari negara lainnya, yang jelas kita perlu antisipasi dan awasi bersama. Sebab Bali merupakan destinasi wisata dunia, dan kita perlu menjaga baik-baik keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat," tuturnya.

Halaman:

Editor: Yunita Amelia Rahma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x