Pohon Asem Raksasa Berumur Ratusan Tahun Tumbang di Nusa Penida

- 19 Februari 2023, 21:00 WIB
Pohon asem raksasa tumbang di Nusa Penida.
Pohon asem raksasa tumbang di Nusa Penida. /I Gede Sarjana/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Sebuah pohon asem berukuran besar di Pura Puseh Desa Adat Dwi Kukuh Lestari, Penangkidan, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida tumbang pada hari, Minggu, 19 Februari 2023.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Babinsa Bunga Mekar Kopda Kadek Parta kepada wartawan RINGTIMES BALI mengatakan, setelah mendapat informasi dari warga terkait adanya pohon tumbang dirinya bersama Bhabinkamtibmas langsung menuju lokasi kejadian.

"Pohon Asem tersebut diperkirakan Tumbang sekira Pukul 03.00 Wita, yang diakibatkan oleh cuaca hujan lebat dan angin kencang," ucapnya.

Baca Juga: Aksi 5 Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Berhasil Diungkap Polres Jembrana

Berdasarkan informasi dari tokoh adat diperkirakan pohon asem tersebut berumur lebih dari 300 tahun, dengan tingginya mencapai 15 meter, dengan diameter lebar pohon mencapai 5 meter.

Lanjut Kopda Kadek Parta menerangkan, kami bersama instansi terkait seperti Bhabinkamtibmas, PLN, BPD Nusa Penida, Perangkat Desa dan Warga melakukan proses evakuasi dan pembersihan.

Dikarenakan ukuran kayu yang begitu besar dengan keterbatasan alat, khususnya sensor (pemotong kayu) kurang memadai untuk sementara proses evakuasi dihentikan.

Baca Juga: Breaking News: Kapolda Jambi Alami Kecelakaan Helikopter dalam Rangka Kunjungan Kerja

"Evakuasi akan dilanjutkan besok sambil menunggu Tim BPBD kabupaten Klungkung. Untuk kabel listrik sudah langsung ditangani pihak PLN,“ terangnya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x