Belajar Pembuatan Pakan Ternak Organik, Pena NTT Berkunjung ke Desa Luwus, Tabanan

- 19 Februari 2023, 17:43 WIB
Jurnalis Pena NTT mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak babi organik, di Kelompok Tani Ternak Panca Sedati, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.
Jurnalis Pena NTT mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak babi organik, di Kelompok Tani Ternak Panca Sedati, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. /dok. Pena NTT/

RINGTIMES BALI - Sejumlah jurnalis dari berbagai media di Denpasar yang tergabung dalam Perhimpunan Jurnalis Nusa Tenggara Timur (Pena NTT) mengikuti pelatihan pembuatan pakan ternak organik, di Kelompok Tani Ternak Panca Sedati, Desa Luwus, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Jumat 17 Februari 2023.

Di tempat ini mereka belajar bagaimana peternak sukses membuat pakan organik fermentasi berbasis sumber daya lokal.

Ketua Pena NTT Igo Kleden mengatakan kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk program pemberdayaan anggota serta merawat kebersamaan dengan warga Desa Luwus.

Baca Juga: Presiden Kunjungi Pasar Wonokromo dalam Kunjungan Kerja ke Surabaya

"Terobosan kelompok Panca Sedati ini luar biasa, bagaimana mereka mampu membuat pakan yang dapat bersaing dengan pakan pabrik melalui pemanfaatan sumber daya lokal. Karena itu kami para jurnalis sangat tertarik untuk belajar ke sini," kata Igo.

Untuk diketahui, kelompok Panca Sedati mengembangkan sebuah terobosan pembuatan pakan fermentasi. Sejak menggunakan pakan ini, peternak berhasil melewati ancaman virus African Swine Finger (ASF).

Menurut Igo pertukaran pengetahuan antar jurnalis dan warga merupakan modal membangun kebersamaan.

Baca Juga: Perekonomian Indonesia Tumbuh 5,31 Persen, Presiden Jokowi Lebih Baik dari Negara Maju

"Apalagi Bali dengan NTT memiliki karakter budaya yang sama. Dimana dalam kehidupan sehari-hari lekat dengan ternak babi, sebab inovasi ini erat kaitannya dengan pengembangan peternakan babi pada kedua wilayah," ujar jurnalis senior ini.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x