Bangunan Pasar Kreneng Mulai Rapuh, Perumda Sewaka Dharma Kota Denpasar Lakukan Tes Kelayakan Revitalisasi

- 10 Februari 2023, 10:55 WIB
Bangunan Pasar Kreneng mulai rapuh, Perumda Sewaka Dharma melakukan tes kelayakan revitalisasi.
Bangunan Pasar Kreneng mulai rapuh, Perumda Sewaka Dharma melakukan tes kelayakan revitalisasi. /Ringtimes Bali/Ni Made Ari Rismaya Dewi

RINGTIMES BALI - Perumda Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar mulai melakukan tes kelayakan revitalisasi Pasar Kreneng di tahun 2023.

Sebelumnya rencana revitalisasi Pasar Kreneng dicetuskan Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara pada kunjungan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan pada Sabtu, 4 Februari 2023.

“Revitalisasi Pasar Kreneng baru tercetus oleh Walikota Denpasar saat kunjungan Mendag karena melihat bangunan Pasar Kreneng. Kami di Perumda Pasar mengecek dulu kondisi bangunan Pasar Kreneng,” ujarnya pada Selasa, 7 Februari 2023.

Pengecekan dilakukan untuk menentukan layak tidaknya revitalisasi sebagian atau harus direvitalisasi secara menyeluruh.

Baca Juga: Kepala Dinkes Bali Anjurkan Pararem di Masing-masing Desa Adat Terkait DBD

Walikota Denpasar telah memerintahkan kepada Perumda Pasar untuk melakukan langkah-langkah pengujian atau tes bangunan yang telah dibangun sejak tahun 1975 tersebut.

Tes kelayakan Pasar Kreneng nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Universitas Udayana maupun lembaga yang sering melakukan tes.

Adapun kondisi Pasar Kreneng saat ini lebih rapuh jika dibandingkan dengan bangunan-bangunan pasar yang didirikan di tahun yang sama.

Baca Juga: Tim Penyelamat Turki Berhasil Selamatkan Gadis 16 Tahun dari Reruntuhan Gedung Pasca Gempa

“Pasar Kreneng memang bangunan dari sisi fisiknya lumayan rapuh, karena plafon dan beton di atas (bangunan) banyak yang jatuh-jatuh. Keluhan (pengunjung) memang di beberapa titik ada yang bocor, bangunan pasar juga terlihat agak kumuh karena bangunan lama,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x