Bunga Bangkai Langka Jenis Suweg Ditemukan di Tonja Denpasar

- 31 Oktober 2022, 16:15 WIB
Bunga bangkai jenis suweg ditemukan di bagian belakang Universitas Bali Internasional (UNBI), Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara.
Bunga bangkai jenis suweg ditemukan di bagian belakang Universitas Bali Internasional (UNBI), Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Tiga tumbuhan bunga bangkai langka jenis suweg atau Amorphophallus Paeoniifolius ditemukan di bagian belakang Universitas Bali Internasional (UNBI), Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara.

Ketiga bunga langka tersebut ditemukan oleh seorang petugas kebersihan, Nyoman Agustini, pada tanggal 27 Oktober 2022.

Lantas ia membagikannya di sosial media karena bentuknya mirip dengan gambar bunga Raflesia Arnoldi yang sering muncul di buku.

Baca Juga: Wabup Diar Dampingi Wagub Cok Ace dalam Perayaan Hari Pangan Sedunia Provinsi Bali di Bangli

Ketika dttemukan, satu bunga bangkai sudah kembang, satu kuncup, dan satu sudah mati. Ia juga mengaku tidak mencium aroma busuk dari ketiga bunga bangkai tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Rektor II UNBI Dr. Lanang Rudiarta ungkap bahwa pihak universitas akan meneliti dan mempelajarinya.

"Kita ingin mempelajarinya bagaimana (bunga bangkai) bisa tumbuh di sini. Kita perlu bantuan teman-teman dari biologi bagaimana kehidupan selanjutnya, lalu dari teman-teman farmasi meneliti apa kandungannya, apakah ada zat-zat sebagai tanaman obat," ungkapnya pada Senin, 31 Oktober 2022.

Baca Juga: Komunitas Offroader se-Bali Bantu Bersihkan Sisa Banjir Bandang di Jembrana

Hal serupa juga disampaikan oleh Koordinator Program Studi Farmasi Klinis UNBI Ida Ayu Manik Patha Sutema.

Ketiga bunga bangkai tersebut akan dibuatkan publikasi ilmiah untuk daerah Tonja.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x