Launching JSDDD, Jembrana Jadi Pembangunan Berbasis Data Pertama di Indonesia

- 21 September 2022, 13:29 WIB
JSDDD launching menjadikan Jembrana sebagai kabupaten pertama di Indonesia dengan pembangunan berbasis data akurat dan terpadu.
JSDDD launching menjadikan Jembrana sebagai kabupaten pertama di Indonesia dengan pembangunan berbasis data akurat dan terpadu. /Dok. Pemerintah Kabupaten Jembrana

RINGTIMES BALI - Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) sebagai upaya pencapaian pembangunan berbasis data akurat serta terpadu yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menjadi yang pertama di Indonesia.

JSDDD diresmikan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar bersama Bupati Jembrana I Nengah Tamba, pada Selasa, 20 September 2022 di Gedung Mendopo Kesari Negara.

Menteri Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa Jembrana adalah kabupaten pertama di Indonesia yang menjadikan data desa sebagai pondasi utama dalam pembangunan melalui JSDDD.

 Baca Juga: Bupati Gede Sanjaya Lantik Pimpinan Tinggi Pratama, Harapkan Sektor IKM Tabanan Bangkit

"Jembrana Satu Data Dari Desa ini merupakan inovasi kebijakan yang sangat luar biasa di tingkat kabupaten dan ini tentu menjadi harapan kita semua utamanya adalah harapan dari para Kepala Desa dan para Lurah," ucapnya.

Ia juga mengatakan, seluruh data mikro yang dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan pemerintah berasal dari desa.

Untuk di Kabupaten Jembrana, model pendataan SDGs Desa telah dikembangkan dan terintegrasi dengan kebutuhan OPD yang dikelola di tingkat Pemkab.

Ia menerangkan, di Jembrana bukan hanya desa yang menerapkan SDGs, namun juga kelurahan. Sehingga, total seluruh kawasan di Kabupaten Jembrana telah terdata dengan baik dan terintegrasi dengan kebutuhan seluruh OPD.

Baca Juga: Berhasil Tingkatkan PAD, Bupati Mahayastra Upayakan Pembangunan Gianyar Terlaksana Baik

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x