BSSN Dalami Dugaan Kebocoran Data Penduduk pada SIM Card

- 9 September 2022, 14:26 WIB
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberikan tanggapannya terkait dugaan kebocoran 1,3 miliar data yang tengah ramai diperbincangkan.
Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberikan tanggapannya terkait dugaan kebocoran 1,3 miliar data yang tengah ramai diperbincangkan. /Dok. Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN

RINGTIMES BALI - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) memberikan tanggapannya terkait dugaan kebocoran 1,3 miliar data SIM Card yang tengah ramai diperbincangkan.

“Insiden kebocoran data yang terjadi akhir-akhir ini pada sektor Infrastruktur Informasi Vital (IIV) di Indonesia merupakan hal yang tidak bisa kita anggap remeh,” kata Wakil Kepala BSSN Komjen. Pol. Drs. Luki Hermawan pada Kamis, 9 September 2022.

Hingga saat ini, pihaknya tengah melakukan penelusuran terkait motif dari serangan siber tersebut.

Baca Juga: Jelang G20, BSSN Gelar Sosialisasi dan Workshop Identifikasi Aset Kritis pada Sektor IIV di Nusa Dua

“Kebocoran masih dalam penuelusuran. Kemungkinan motif dari serangan tersebut tidak menargetkan kerusakan pada sistem atau menghentikan layanan seperti pada kasus sebelumnya,” sambungnya.

Menurutnya, serangan siber yang terjadi saat ini kemungkinan mengincar data pribadi yang disimpan pada sistem dan tidak diketahui secara pasti kerugian materiil yang ditimbulkannya.

Langkah ini merupakan penerapan dari tugas dan fungsi BSSN dalam melakukan identifikasi dan deteksi.

Baca Juga: Bawaslu Provinsi Bali Ajak Seluruh Pihak Terkait Beri Perhatian Data Penyandang Disabilitas di Pemilu 2024

Salah satunya dengan National Security Operation Center (NSOC) yang memantau anomaly traffic pada sistem kementerian atau lembaga selama 24 jam nonstop.

“Hasil pantauan tersebut kita memberikan notifikasi kepada kementerian lembaga/badan ataupun pemerintahan yang mana sistem yang ada di kementerian/lembaga itu ada semacam serangan atau ada traffic yang cukup tinggi,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x