Bupati Suwirta Tata Pasar Semarapura dengan Kearifan Lokal untuk Tingkatkan Sentra Ekonomi Wisata

- 31 Agustus 2022, 14:46 WIB
Bupati Suwirta memaparkan final kandidat penerima DAK Bidang Perdagangan TA 2023 secara dari oleh Kementerian Perdagangan RI.
Bupati Suwirta memaparkan final kandidat penerima DAK Bidang Perdagangan TA 2023 secara dari oleh Kementerian Perdagangan RI. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung memaparkan final kandidat penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perdagangan TA 2023 secara dari oleh Kementerian Perdagangan RI melalui zoom meeting di Ruang Vicon Kantor Bupati Klungkung, Selasa, 30 Agustus 2022.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta menyampaikan bahwa Pasar Seni Semarapura yang memiliki 1.282 pedagang memiliki letak strategis di pusat kota.

Dekat dengan objek wisata Kertagosa, Puri Klungkung, Museum Semarajaya, Monumen Ida Dewagung Jambe, Desa Wisata Kamasan, Kali Unda, Pusat Kebudayaan Bali, dan Kawasan Pariwisata Nusa Penida.

Baca Juga: Stafsus Menkominfo Sebut Migrasi TV Digital Dorong Perluasan Internet dan Ekonomi Digital di Indonesia

Selain itu, dia juga menjelaskan terkait usulan anggaran dengan total keseluruhan mencapai Rp75 miliar fisik Rp73.995.780.000, penunjang Rp1.004.220.000 dengan luas bangunan yang direncanakan 9.366,55 m2.

Pembangunan Pasar Semarapura  direncanakan akan mengambil konsep Neo Vernacular dan Green Building Architecture Vernacular atau arsitektur dengan mengangkat kearifan lokal didukung dengan teknologi yang ada pada zamannya.

Seperti dengan menggunakan ornamen atau fasade motif Lukisan Kamasan Klasik dan Tenun Rangrang Nusa Penida, panel surya, instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan pemanfaatan air hujan.

Baca Juga: Kuatkan Fungsi Penyuluh Pertanian, Bupati Suwirta Ajak Gali Potensi dan Masalah

"Didalam pasar akan dilengkapi dengan atraksi melukis wayang klasik Kamasan, atraksi menenun, atraksi fashion show dan antraksi pendukung lainnya," kata Bupati Suwirta, dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Rabu, 31 Agustus 2022.***

Editor: Annisa Fadilla

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x