Tim SAR Evakuasi WNA Asal Prancis yang Terhantam Ombak di Pantai Kelingking, Nusa Penida

- 25 Agustus 2022, 08:22 WIB
Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap seorang WNA asal Prancis yang terhantam ombak di Pantai Kelingking, Nusa Penida.
Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap seorang WNA asal Prancis yang terhantam ombak di Pantai Kelingking, Nusa Penida. /Instagram/@basarnas_bali

RINGTIMES BALI - Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap seorang WNA asal Prancis yang alami cedera akibat dihantam ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Rabu, 24 Agustus 2022.

Laporan yang diterima Unit Siaga SAR Nusa Penida menyampaikan bahwa korban mengalami cidera pada lengan kiri dan membutuhkan bantuan evakuasi. Diketahui identitas korban atas nama Jean Pascal Rabot.

"Laporan kami terima pada pukul 13.50 WITA dari bapak Made Windu yang merupakan seorang guide," kata Gede Darmada selaku Kepala Kantor Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar), dikutip dari akun Instagram Basarnas Bali @basarnas_bali, Kamis, 25 Agustus 2022.

Baca Juga: Bupati Suwirta Hadiri Persiapan Ngaben Massal di Nusa Penida dan Banjarangkan, Apresiasi Semangat Masyarakat

Terkait laporan tersebut, segera dikirimkan empat personil dan seorang petugas medis dari Klinik Nusa Medika menggunakan RIB 02 Nusa Penida. Tim juga melakukan koordinasi dengan Polsek Nusa Penida dan Puskesmas Nusa Penida.

“Kami melakukan pergerakan melalui jalur laut karena medan di objek wisata Pantai Kelingking itu sangat sulit untuk melakukan evakuasi korban melalui jalur darat," kata Cakra Negara selaku Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

“Setelah tim tiba di lokasi, beberapa tim diturunkan untuk berenang mendekati pantai dikarenakan RIB tidak dapat sandar ke bibir panti "Kita berenang menurunkan rescuer ke pantai kemudian di-treatment, dibidai," sambungnya.

Baca Juga: Program Antar Jemput Pasien dan Jenazah di Karangasem Capai 14 Ribu Layanan dalam Setahun

Setelah berhasil mengevakuasi korban ke RIB, selanjutnya korban dibawa menuju Pelabuhan Segitiga Emas Nusa Penida, sekitar pukul 17.25 WITA mereka sampai dan menunggu ambulance dari Klinik Nusa Medika.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x