Ditegur Ulama, Penulis Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Minta Maaf dan Ganti Lirik

- 20 Agustus 2022, 11:30 WIB
Setelah ditegur dan mendapat kritikan dari ulama, Tama Halu, penulis lagu Joko Tingkir Ngombe dawet meminta maaf dan mengganti lirik lagu.
Setelah ditegur dan mendapat kritikan dari ulama, Tama Halu, penulis lagu Joko Tingkir Ngombe dawet meminta maaf dan mengganti lirik lagu. /YouTube/Tama Halu 008

RINGTIMES BALI - Penulis lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet akhirnya muncul setelah lagunya tersebut memunculkan kritik dan teguran dari sejumlah pihak termasuk ulama.

Gus Muwafiq selaku ulama dari Nahdlatul Ulama menilai penulis lagu tersebut tidak mengetahui sejarah, menurutnya Joko Tingkir bukan orang sembarangan, melainkan seorang ulama besar yang menurunkan ulama-ulama di Jawa.

Baca Juga: BKKBN Provinsi Bali Tegaskan Stunting Bukan Genetik, Tapi Karena Pola Asuh Anak Kurang

Joko Tingkir adalah kakek ketiga dari Kyai Haji Muhammad Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama, Joko Tingkir bertemu dengan Maulana Ishak Ayah Sunan Giri salah satu Wali Songo yang telah berjasa besar dalam mendakwahkan ajaran Islam di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Tama Halu, penulis lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet membuat video klarifikasi dan permohonan maaf atas ketidaktahuannya perihal sosok Joko Tingkir.

Baca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi Festival Adat dan Budaya Nusantara I di Kabupaten Klungkung

“Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Lamongan dan pihak-pihak yang tersinggung atau kurang berkenan karena saya telah membuat lirik menggunakan nama Joko Tingkir,” katanya, dalam video yang diunggah di kanal YouTube Tama Halu 008, Jumat, 19 Agustus 2022.

Dia mengaku bahwa tidak mengetahui sosok Joko Tingkir yang merupakan ulama besar dan dihormati oleh para ulama di Jawa.

Baca Juga: Polda Bali Sebut Ada 184 Kasus Pencurian Motor, Masyarakat Diimbau Beri Kunci Tambahan pada Kendaraan

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x