Sandiaga Uno Apresiasi Festival Adat dan Budaya Nusantara I di Kabupaten Klungkung

- 20 Agustus 2022, 10:10 WIB
Sandiaga Uno selaku Menparekraf RI memberikan apersiasi terhadap Festival Adat dan Budaya Nusantara I di Kabupaten Klungkung.
Sandiaga Uno selaku Menparekraf RI memberikan apersiasi terhadap Festival Adat dan Budaya Nusantara I di Kabupaten Klungkung. /ANTARA/HO-Kemenparekraf

RINGTIMES BALI – Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI menyampaikan bahwa pelestarian budaya bisa dilakukan dan diapresiasi dengan pariwisata.

Dia menilai budaya bisa berupa wujud destinasi atau atraksi wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian masyarakat.

“Atraksi budaya bisa sebagai daya tarik wisatawan, sehingga berbagai potensinya dapat menggerakkan ekonomi masyarakat dan membuka peluang kerja,” kata Sandiaga Uno, dikutip dari Antara Bali, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Baca Juga: Kapolres Sadiarta Pastikan Festival Adat Budaya Nusantara di Klungkung Aman

Terkati hal itu, dia memberikan apresiasi terhadap diselenggarakannya Festival Adat dan Budaya Nusantara I yang di Kabupaten Klungkung, sebagai upaya pelestarian budaya serta ajang silaturahmi antar kerajaan bersama lembaga adat di Indonesia.

Festival Adat dan Budaya Nusantara I digelar dari 16-19 Agustus 2022 dengan keterlibatan 211 kerajaan dari seluruh nusantara yang tergabung dalam Masyarakat Adat Nusantara (Matra) dan belasan perwakilan kerajaan dari mancanegara.

Festival Adat dan Budaya Nusantara yang pertama kali diadakan di Indonesia tersebut merupakan upaya memperkuat silaturahmi kerajaan bersama lembaga adat, menggali potensi ekonomi, serta menunjukkan kepedulian pada ketahanan adat dan budaya Indonesia.

Baca Juga: Wagub Cok Ace: Sanur Village Festival 2022 Tanda Pariwisata Bali Bangkit

Kabupaten Klungkung dipilih sebagai tuan rumah karena mempunyai kekayaan adat dan budaya kerajaan, serta masyarakat adat yang masih terpelihara dengan baik.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x