Bupati Suwirta Muspayang Bakti Puncak Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih, Karangasem

- 13 Agustus 2022, 11:35 WIB
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta muspayang bakti pada puncak Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih, Karangasem.
Bupati Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta muspayang bakti pada puncak Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih, Karangasem. /Instagram/@klungkung_gemasanti

RINGTIMES BALI – Bertepatan dengan rahina (hari suci) Purnama Karo, I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung bersama Ny. Ayu Suwirta muspayang bakti (melakukan persembahyangan) pada puncak Karya Aci Pengenteg Jagat di Pura Gelap Besakih, Karangasem, Jumat, 12 Agustus 2022.

Dikutip dari Humas Pemkab Klungkung, Sabtu, 13 Agustus 2022, karya tersebut digelar setiap satu tahun sekali di Pura Gelap Besakih.

Baca Juga: Atasi Angka Kebocoran NRW, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Denpasar Rancang Skema KPBU

Mengawali rangkaian prosesi puncak karya tersebut, diisi dengan pementasan tari-tarian sakral seperti Tari Rejang Dewa, Tari Rejang Renteng, Topeng Sidekarya, dan Wayang Lemah.

Sehari sebelumnya, juga sudah dilaksanakan upacara Mepepada Wewalungan dengan tujuan untuk menyucikan semua wewalungan atau binatang korban yang akan digunakan dalam Karya Aci Pengenteg Jagat.

Baca Juga: Bupati Suwirta Pimpin Persembahyangan Bersama, Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Provinsi Bali

Persembahyangan berjalan hikmat dengan dipuput (dipimpin) oleh Ida Pedanda Gede Karang Putra Keniten dari Griya Satria Kangin Klungkung dan Ida Pedanda Gede Wayan Darma dari Griya Wanasari Karangasem.

Berdasarkan informasi yang didapat, Karya Aci Pengenteg Jagat tersebut akan disineb (berahkir) pada Senin, 15 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga: Kapolda Lakukan Sea Trial RIB, Amankan Wilayah Perairan Jelang KTT Presidensi G20 di Bali,

Halaman:

Editor: Suci Annisa Caroline

Sumber: Humas Pemkab Klungkung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x