UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan Gelar Gertak PSN 4M Plus, Cegah Lonjakan DBD

- 11 Agustus 2022, 08:53 WIB
UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan gelar Gertak PSN 4M Plus.
UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan gelar Gertak PSN 4M Plus. /Humas Pemkot Denpasar

RINTIMES BALI – Juru Pemantau Jentik (Jumantik) UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan, gelar Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 4M Plus.

Gertak PSN 4M ini yang dilaksanakan UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan pada Rabu, 10 Agustus 2022 di Desa Pemogan ini, sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus DBD dan populasi nyamuk Aedes Aegypti.

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Denpasar Selatan, Drg. Putu Judy Satyawati Sudarmo, saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan PSN ini merupakan salah satu program yang wajib dilaksanakan secara rutin.

Baca Juga: Tercatat 28 Kasus PMK di Badung Sejak Juli 2022, Kabid Kesehatan Hewan: Belum Menerima Laporan Kembali

Kegiatan ini juga untuk mencegah naiknya kasus DBD di musim panca roba ini, serta memberikan penyuluhan kepada seluruh warga, sehingga lebih paham cara melakukan PSN mandiri di rumah masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, adapun dalam kegiatan ini yang juga bertepatan dengan bulan pemberian Vitamin A maka pihaknya melaksanakan pemberian Vitamin A dengan menyasar anak-anak usia 6-11 bulan dan 11-59 bulan.

Kegiatan ini pun dilaksanakan di posyandu wilayah dan sekolah TK.

Baca Juga: Polres Klungkung Berhasil Ungkap 4 Kasus Penyalahgunaan Narkoba dalam 1 Bulan Terakhir

Sedangkan pemberian obat cacing dilakukan pada usia 1-2 tahun, dan untuk usia 2 tahun keatas diberikan dengan dosis yang berbeda.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x