RSUP Prof Ngoerah Sukses Lakukan Operasi Otak Perdana Tanpa Bedah Kepala Pasien

- 4 Agustus 2022, 07:25 WIB
RSUP Prof Ngoerah atau sebelumnya RSUP Sanglah di Bali sukses melakukan operasi otak perdana tanpa membedah kepala pasien.
RSUP Prof Ngoerah atau sebelumnya RSUP Sanglah di Bali sukses melakukan operasi otak perdana tanpa membedah kepala pasien. /ANTARA/HO-RSUP Prof Ngoerah

RINGTIMES BALI – RSUP Prof Ngoerah atau sebelumnya RSUP Sanglah, Bali sukses melakukan operasi otak perdana tanpa membedah kepala pasien.

Prof Dr. dr. Sri Maliawan selaku Dokter Spesialis Bedah Syaraf di RSUP Prof Ngoerah mengatakan bahwa tindakan operasi tersebut bernama 'Stereotactic Surgery.

Dilakukan khusus untuk kelainan-kelainan di otak yang letaknya dalam, sehingga jika operasi biasa menuju ke sana akan merusak banyak tempat.

Baca Juga: Desa Sanur Kaja Gelar Padat Karya Tunai Beternak Kambing, Upaya Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Pada operasi tersebut, tim bedah RSUP Prof Ngoerah berhasil menyelamatkan seorang pasien yang dirujuk dari Indonesia bagian timur berusia empat tahun.

Dikutip dari laman Antara Bali, dikatakan di kepala pasien tersebut, pada titik yang dalam dan melewati bagian-bagian otak terpenting terdapat nanah.

"Dengan teknik Stereotactic Surgery tersebut kita bisa menjangkau lokasi nanah yang dalam di bagian otak dengan aman dengan bukaan tulang yang sangat kecil," kata Prof Sri.

Baca Juga: Pemkab Karangasem Laksanakan Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting

Selain itu, dengan melakukan proses operasi otak yang biasanya perlu membedah kepala akan berpotensi salah lokasi, sedangkan Prof Sri mengatakan dengan alat yang digunakan di RSUP Prof Ngoerah akan bisa mengukur jalan paling aman ke target.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x