Bali Cartoonist Association Berharap Dapat Ruang Pameran di Acara Presidensi G20 Indonesia

- 23 Juli 2022, 17:00 WIB
Para Kartunis Bali Cartoonist Association (Balica) berharap bisa mendapatkan ruang untuk pameran dalam acara Presidensi G20 Indonesia.
Para Kartunis Bali Cartoonist Association (Balica) berharap bisa mendapatkan ruang untuk pameran dalam acara Presidensi G20 Indonesia. /ANTARA/Ni Luh Rhismawati

RINGTIMES BALI – Para kartunis berasal dari Bali Cartoonist Association (Balica) berharap bisa mendapatkan ruang untuk melakukan pameran dalam acara Presidensi G20 Indonesia pada November 2022.

Ida Bagus Martinaya selaku Ketua Balica menyampaikan aspirasi dalam reses Anggota DPD Made Mangku Pastika di Denpasar, pada hari Jumat, (22/7/22) bahwa pihaknya memegang idealism sebagai kartunis, namun harus luwes menghadapi kondisi.

Menurutnya jika dulu para kartunis bisa membanggakan karyanya saat dimuat di koran, namun kini sudah berubah setelah media cetak menjadi tidak begitu diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Ombudsman Provinsi Bali Kawal Pemerintah Tangani PMK

Oleh karena itu, pihaknya berharap bisa ikut berpartisipasi dalam acara Presidensi G20 ataupun kegiatan pariwisata lainnya melalui pameran.

Dia berpendapat bahwa kartun tidak saja menjadi media penyampaian kritik, namun dengan gambarnya yang menarik juga membuat orang yang melihatnya menjadi terhibur.

Sebagai seorang kartunis, karya yang dibuat tidak harus serupa 100 persen dengan objek yang digambar, melainkan mirip dan yang melihat bisa memahami pesan yang ingin disampaikan.

Baca Juga: Wayan Koster Resmi Buka Kejuaraan Terbuka Lemkari Piala Gubernur Bali 2022

"Cara saya berkarya selalu memuji, saya selalu bilang hebat. Walaupun ia seorang koruptor pun dikatakan hebat, bisa korupsi itu kan hebat," katanya, dikutip dari Antara Bali, Sabtu (23/7/22).

Halaman:

Editor: Rian Ade Maulana

Sumber: Antara Bali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x