Rangkaian Pelaksanaan Upacara Nyenuk di Pura Jaba Kuta Berjalan Lancar

- 16 Juli 2022, 15:36 WIB
Nyenuk di Pura Jaba Kuta, rangkaian piodalan atau karya agung di Pura Bhujangga Sakti, Banjar Jasa, Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar, Bali.
Nyenuk di Pura Jaba Kuta, rangkaian piodalan atau karya agung di Pura Bhujangga Sakti, Banjar Jasa, Desa Sebatu, Tegallalang, Gianyar, Bali. /Tangkapan layar/Instagram/@info_tegallalang

RINGTIMES BALI – Telah berlangsung prosesi upacara keagaamaan umat Hindu, Upacara Nyenuk di Pura Jaba Kuta.

Upacara Nyenuk tersebut merupakan rangkaian dari piodalan atau karya agung di Pura Bhujangga Sakti, Banjar Jasa, Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

Berdasarkan info yang dibagikan oleh akun Instagram @info_tegallalang, prosesi Nyenuk tersebut berlangsung pada hari Kamis, 14 Juli 2022.

Baca Juga: Polsek Denpasar Selatan Amankan Kegiatan Peringatan Hari Koperasi Nasional di Prime Plaza Hotel Sanur

Nyenuk secara harfiah dalam Bahasa Indonesia dapat berarti datang atau melihat dan merupakan simbol dari turunnya Dewata Nawa Sanga atau para Dewa penjaga 9 arah mata angin.

Dilansir dari sejarahharirayahindu.blogspot.com, menurut kepercayaan umat Hindu di Bali, tujuan kedatangan Dewata Nawa Sanga adalah untuk melihat suksesnya pelaksanaan upacara Dewa Yadnya yang dilaksanakan oleh umat Hindu di Bali.

Upacara Nyenuk terlihat hampir sama seperti upacara Mepeed yang merupakan tradisi parade iring-iringan sebagai salah satu rangkaian kegiatan upacara Dewa Yadnya.

Baca Juga: Polsek Kuta Lakukan Sidak Terhadap Money Changer Ilegal di Tiga Wilayah Kelurahan

Upacara tersebut ditunjukkan sebagai akhir dari persembahan dan pemujaan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi-Nya yang turun dalam rangkaian nyineb (penutup) saat melangsungkan piodalan agung, mamungkah dan ngenteg linggih.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x