BI Bali Dorong Pemkab Buleleng Percepat Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah

- 22 Maret 2022, 18:18 WIB
Trisno Nugroho, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali.
Trisno Nugroho, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. /Dok. KPwBI Bali

 

RINGTIMES BALI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mendorong Pemkab Buleleng agar mempercepat digitalisasi transaksi pemerintah daerah sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah ini.

Trisno Nugroho selaku Kepala BI Bali mengemukakan daro hasil survei yang dilakukan, diketahui pemerintah daerah pada triwulan ke IV tahun 2021, seluruh pemerintah daerah di Bali termasuk Kabupaten Buleleng sudah berstatus digital.

Meski begitu, harus ada percepatan dalam upaya proses elektronifikasi in. Dalam hal ini, ia menjelaskan ada tiga poin penting yang perlu diperhatikan Pemkab Buleleng untuk mempercepat proses digitalisasi.

Baca Juga: Daftar 42 Negara Penerima Layanan Visa On Arrival ke Bali, Simak Informasi Lengkapnya

Poin pertama adalah adanya kebijakan yang mendorong pembayaran pajak dan retribusi secara non tunai sebagai dasar penggerak digitalisasi di seluruh organisasi.

Poin kedua ialah adanya program digitalisasi yang dapat dengan cepat diimplementasikan. Untuk itu dapat dimulai dengan menentukan satu objek sebagai bahan percontohan.

Poin ketiga adalah adanya semangat digitalisasi oleh Pemkab Buleleng agar tetap terjaga dalam bentuk komitmen mengingat program digitalisasi daerah merupakan tanggung jawab bersama.

Baca Juga: Kadispar Bali Minta Asosiasi Biro Perjalanan jadi Garda Terdepan Datangkan Wisatawan: Jangan Hanya Promosi

Sebagai informasi, Pemkab Buleleng dan BI Provinsi Bali telah melaksanakan High Level Meeting tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yang dipimpin langsung oleh Bupati Buleleng.

Halaman:

Editor: Shofia Faridatuz Zahra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x