1 Hari Nyepi Mampu Perbaiki Kualitas Udara Bali, BMKG Ungkap Penurunan Gas Polutan dan Partikel Debu

- 7 Maret 2022, 12:42 WIB
Penjelasan BMKG terhadap observasi peningkatan kualitas udara selama Nyepi 2022
Penjelasan BMKG terhadap observasi peningkatan kualitas udara selama Nyepi 2022 /Ni Putu Putri Muliantari/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) BMKG melakukan observasi terhadap kualitas udara saat Hari Raya Nyepi di Bali. 

BMKG melakukan hal ini untuk menghitung persentase penurunan emisi pada saat Nyepi di Bali dengan data real sebagai pembuktian kepada masyarakat dan dunia mengenai usaha penurunan emisi demi peningkatan kualitas udara di Indonesia untuk perubahan iklim. 

Tak hanya saat puncak Nyepi, BMKG memulai observasi terhadap kualitas udara di Bali sejak tanggal 28 Februari hingga 6 Maret 2022. 

Baca Juga: Download Lagu The Real - ATEEZ dari MP3 MP4 Berserta Lirik

“Dasar kegiatan karena saat Nyepi tidak ada sama sekali aktivitas manusia, sehingga ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengukur penurunan gas rumah kaca dan sejauh mana aktivitas manusia berperan dalam peningkatan gas rumah kaca,” kata Dr Donaldi Sukma Permana, Koordinator Bidang Klimatologi BMKG Indonesia saat jumpa pers Senin, 7 Maret 2022. 

Hingga saat ini belum ada angka pasti mengenai penurunan konsentrasi gas polutan dan partikel debu. 

Namun berdasarkan statistik, jika dibandingkan dengan hari biasa maka terlihat jelas bahwa terdapat penurunan konsentrasi sepanjang Hari Raya Nyepi. 

Baca Juga: Soal UTS PTS PKN Kelas 7 Semester 2 Pilihan Ganda Lengkap Jawaban Terlengkap dan Terbaru 2022

Pada tahun ini Puslitbang BMKG yang bekerjasama dengan Balai Wilayah III BMKG, UPT Provinsi Bali, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jabar, DLH Kota Denpasar dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali dan Nusa Tenggara (P3E) KLHK memilih 3 lokasi untuk diobservasi. 

Selama 6 hari sebelum hingga sesudah Nyepi, Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem dipilih. 

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x