Cara Pengobatan Morning Sickness Saat Hamil Secara Alami di Rumah

- 22 November 2020, 20:35 WIB
Ilustrasi ibu hamil. /Pixabay/Pexels/freestock.org

RINGTIMES BALI – Lebih dari 50 persen ibu hamil pernah mengalami beberapa bentuk mual di pagi hari. Biasanya, hal itu merupakan salah satu gejala pertama kehamilan yang wajar dialami setiap ibu hamil.

Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang terjadi saat hamil. Berbeda dengan namanya, mual dan muntah ini tidak hanya terjadi pada pagi hari, namun juga bisa saat siang, sore, ataupun malam hari.

Rasa mual terjadi karena adanya peningkatan kadar estrogen, jumlah gula darah rendah, dan sensitif terhadap bau tertentu. Walaupun, gejala morning sickness ini tidak berbahaya namun dapat mempengaruhi aktivitas ibu hamil.

Baca Juga: Tips Agar Persalinan Normal bagi Ibu Hamil, Berikut Caranya

Apabila kondisi mual dan muntah mengalami gejala yang parah atau tidak normal seperti biasanya, maka bisa dianggap sebagai hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum adalah kondisi yang paling sering ditandai dengan gangguan elektrolit, penurunan berat badan, mual parah, dan muntah. Dalam kondisi ini ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter kandungannya.

Kondisi mual dipagi hari dapat diobati secara alami dengan pola makan sederhana dan perubahan lingkungan. Dilansir dari laman thehealthy, beberapa pengobatan alami dapat dilakukan dengan cara berikut,

Baca Juga: 14 Tanda Saat Hamil Bayi Laki-laki atau Perempuan

  1. Akar jahe

Akar jahe ini dapat membantu meredakan mual pada gejala ibu hamil. Jahe juga bagus dikonsumsi untuk membantu pencernaan dan menenangkan perut meskipun tidak sedang dalam menderita morning sickness.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: thehealthy


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X