Konsumsi Makanan Ini Sebabkan Sakit Maag Selama Kehamilan

- 22 November 2020, 14:10 WIB
Ilustrasi makanan pedas. /Pixabay/ Sharonang

RINGTIMES BALI – Proses selama kehamilan merupakan tugas yang berat bagi ibu hamil. Gejala-gejala yang menjadi efek kehamilannya mulai dari perubahan emosi akibat hormon hingga banyak perubahan fisik yang dialaminya.

Perut terasa mulas akibat sakit maag selama kehamilan adalah hal yang wajar. Maag yang umum dikenal juga disebut secara ilmiah sebagai penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Hal ini terjadi karena adanya relaksasi otot-otot di bagian atas perut. Relaksasi ini terjadi ketika tubuh mengatasi kebutuhan untuk menampung janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Baca Juga: Tips Agar Persalinan Normal bagi Ibu Hamil, Berikut Caranya

Akibatnya, otot-otot tidak seefisien mencegah cairan pencernaan keluar dari perut hingga kembali ke kerongkongan.

Selain itu, pelepasan hormon progesteron dan estrogen mempengaruhi katup yang bekerja sebagai penghalang antara lambung dan esofagus. Terjadinya peningkatan produksi cairan lambung menyebabkan sensasi terbakar yang tidak nyaman.

Biasanya sensasi terbakar ini sering kali terjadi dirasakan pada bagian belakang tulang dada atau tulang dada hingga ke tenggorokan juga.

Baca Juga: 14 Tanda Saat Hamil Bayi Laki-laki atau Perempuan

Pada wanita hamil tertentu mungkin menghadapi masalah ini selama masa kehamilan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa gejala sakit maag meningkat secara signifikan sekitar akhir trimester kedua. Dilansir dari laman Boldsky.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X