Kebutuhan Pokok Alami Lonjakan Harga, Pedagang Sembako di Pasar Semarapura, Klungkung Meringis

- 8 Maret 2023, 16:47 WIB
Menjelang Hari Raya Nyepi, harga kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Semarapura, Klungkung mengalami kenaikan.
Menjelang Hari Raya Nyepi, harga kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Semarapura, Klungkung mengalami kenaikan. /Ringtimes Bali/I Gede Sarjana

RINGTIMES BALI - Para pedagang yang menjual kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Semarapura, Klungkung mulai was-was terhadap kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan dapur, Rabu, 8 Maret 2023.

Salah satu pedagang bernama Komang saat ditemui di Pasar Semarapura, Klungkung mengatakan bahwa harga beras untuk saat ini memang sedang mengalami kenaikan.

Selain beras, harga bumbu dapur seperti cabai dan bawang juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Cabe saat ini mencapai harga hingga Rp70.000/kg dari biasanya kadang-kadang Rp30.000/kg atau Rp40.000/kg," jelas Komang.

Baca Juga: Percantik Kota Denpasar, Penurunan Kabel Semrawut Dimulai Pertengahan 2023

Menurutnya kenaikan harga sembako terjadi karena kurangnya pasokan (distribusi) bahan pokok dari luar Bali, seperti Jawa dan sekitarnya.

"Saat ini karena cuaca tidak bagus, banyak petani gagal panen dan pengirimannya juga terganggu, mungkin itu penyebabnya," ucap Komang.

Ia menilai Hari Raya Nyepi juga menjadi salah satu faktor penyebab kenaikan harga sembako, karena kebutuhan masyarakat menjelang hari raya pasti akan meningkat.

"Hal itu tidak bisa dipungkiri, karena kebutuhan pasti naik. Tetapi ini belum hari raya bahan-bahan pokok pada naik," katanya.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x