Menparekraf Sebut Event Nasional Sebagai Pendongkrak Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- 5 Juni 2023, 06:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno/Instagram/@sandiuno
Menparekraf Sandiaga Uno/Instagram/@sandiuno /

RINGTIMES BALI- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebut event-event nasional yang dilakukan pemerintah mampu mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk okupansi hotel.

Sandiaga mendorong agar lebih banyak lagi event-event digelar di Indonesia, mengingat alokasi dana oleh pemerintah sudah mulai kembali normal di tahun 2024-2025.

Dana yang ada sebelumnya, dialokasikan untuk penanganan COVID-19. Maka dari itu Ia berharap agar, dana yang ada sekarang bisa digunakan untuk mengadakan lebih banyak event di Tanah Air, sehingga dapat berkontribusi, termasuk pada okupansi hotel.

“Sekitar 10 persen dari total event nasional yang dilakukan oleh pemerintah ini bisa mendongkrak kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kepada ekonomi kita, termasuk tingkat keterisian kamar hotel,” ucap Sandiaga, dikutip dari Antara, Sabtu 3 Juni 2023.

Sandiaga mengatakan bahwa melalui pelaksanaan event-event di dalam negeri maka perputaran ekonomi Indonesia akan semakin baik pula.

Baca Juga: Kolaborasi Wujudkan Pariwisata, Ekonomi Kreatif Berkelanjutan Menparekraf Sandiaga Uno Buka ITTSU 2023

Sementara itu, penggelaran festival musik jazz di JIExpo Kemayoran Jakarta pada tanggal 2-4 Juni 2023 ini, membuat hotel-hotel di sekitar area pelaksanaan event terpesan sekitar 90 persen.

Ia pun optimis bahwa Indonesia punya potensi untuk mengadakan atau menggelar event-event berskala internasional.

Hal tersebut, lanjut Sandiaga, dapat dilihat dari suksesnya perhelatan Presidensi G20 tahun lalu, dan juga pelaksanaan KTT ASEAN tahun ini.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x