Koster: Tri Sakti Bung Karno Telah Dilaksanakan di Desa Adat Bali

- 1 Juli 2020, 07:00 WIB
Gubernur Bali, Wayan Koster (dua dari kiri) saat penutupan acara Bulan Bung Karno, Selasa (30/6/2020).*/ Pemprov Bali

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali, Wayan Koster menjelaskan jika Bali merupakan provinsi pertama di Indonesia yang melaksanakan acara Bulan Bung Karno.

Menurutnya, diadakannya Bulan Bung Karno adalah untuk mengenang sosok Bapak Pendiri Bangsa tersebut sekaligus mengimplementasikan ideologi dan gagasannya.

Saat menutup acara Bulan Bung karno di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa 30 Juni 2020, Wayan Koster menyatakan, sebagai seorang pejuang dan Bapak Bangsa yang telah mengantarkan bangsa ini ke gerbang kemerdekaan, Bung Karno telah memberikan beberapa gagasan yang dikenal dengan Tri Sakti Bung Karno.

Baca Juga: Balita Dikurung di Kandang Bersama Ratusan Hewan, Tiga Pelaku Dibekuk

Tri Sakti Bung Karno tersebut Ialah Berdaulat Secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi dan Berkepribadian dalam Kebudayaan.

Selain relevan dengan perkembangan zaman, ajaran Bung Karno mengandung nilai-nilai yang tembus zaman, yang bisa diaplikasikan oleh penerus bangsa untuk membangun negara, menyejahterakan masyarakat serta memberikan landasan untuk eksistensi bangsa.

“Alasan itulah yang menyebabkan saya tanpa ragu di Bali untuk melaksanakan Bulan Bung karno di Bali dengan membuatkan payung hukum berupa Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali sehingga bisa diterapkan juga kabupaten/kota,” jelasnya, dikutip ringtimesbali.com dari situs resmi Pemrov Bali.

Baca Juga: Rekor Tertinggi, Dalam Sehari 106 Kasus Positif Covid-19 di Bali

Pemikiran Bung Karno tersebut, menurutnya, sangat cocok serta sinkron dengan visi misi Pemprov Bali, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Tri Sakti Bung Karno sangat ideal dimplementasikan di tingkat desa adat karena mempunyai ketiganya,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Dian Effendi

Sumber: Pemprov Bali


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X