Target Perhutanan Sosial Mencapai 258.779 Hektare, Kaltara Lakukan Percepatan 

- 18 Maret 2023, 09:22 WIB
Ilustrasi target perhutanan sosial mencapai 258.779 hektare, Kaltara lakukan percepatan 
Ilustrasi target perhutanan sosial mencapai 258.779 hektare, Kaltara lakukan percepatan  /Pixabay/demosg

 

RINGTIMES BALI - Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat dan Hutan Adat Dinas Kehutanan Kalimantan Utara, Bastiang menyampaikan bahwa saat ini Kalimantan Utara sedang melakukan percepatan pencapain perhutanan sosial untuk mengejar target seluas 258.776 hektar.

“Salah satu upayanya adalah sosialisasi perhutanan sosial dan identifikasi Pokja Percepatan Perhutanan Sosial (Pokja PPS) untuk mempercepat capaian perhutanan sosial di provinsi ini,” ungkap Bastiang saat berada di Malinau, dilansir dari Antara News, 18 Maret 2023. 

Dari rencana target 258.776 hektare yang direncanakan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltara 2022-2026, sekarang pada tahun 2023 perhutanan sosial sudah terealisasikan mencapai 116.124,71 hektare.

Baca Juga: Tes CASN dan PPPK 2023 Akan Fokus Serap Tenaga Pendidikan dan Kesehatan, Menpan RB: Sesuai Arahan Presiden

Disampaikannya juga bahwa keselarasan dalam tim kerja perhutanan sosial sangat penting dilakukan untuk pencapaian target tersebut, dan Pokja PPS dituntut untuk bisa bekerjasama dengan berbagai pihak terkait baik pemerintah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) juga swasta.

Menindaklanjuti Rapat Koordinasi Pokja PPS tingkat provinsi Kaltara, sosialisasi dan identifikasi sudah dilaksanakan pada 15 Maret 2023, kemudian perlu adanya Pokja PPS di tingkat Kabupaten hal tersebut untuk mencapai target perhutanan sosial tersebut.

Bastiang mengatakan, bahwa agar perhutanan tetap lestari pengelolaan hutan harus terus didorong namun masyarakat pun harus ikut andil dalam mengelola hutan apalagi mereka hidup di sekitar kawasan tersebut dan juga memanfaatkan hasil hutan untuk kehidupan.

Baca Juga: Penyanderan Pilot Susi Air Oleh KKB, BNPT: Murni Aksi Terorisme

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x