Pesawat Amfibi Akan Mendarat Untuk Pertama Kali di Danau Toba

- 25 Februari 2023, 18:58 WIB
ilustrasi pesawat amfibi Mendarat Untuk Pertama Kali di Danau Toba
ilustrasi pesawat amfibi Mendarat Untuk Pertama Kali di Danau Toba /instagram/@interrysta/

RINGTIMES BALI - Bapak Junaidi, Direktur Angkutan Sungai, Laut dan Penyeberangan Kementerian Perhubungan mengatakan, pesawat amfibi akan pertama kali mendarat di Danau Toba, tepat di arena F1 World Motorboat Championship (F1H20) di kawasan pelabuhan Muliaraja Napitupulu. Sabtu ini di Balige. 

Peristiwa ini menandai momen sejarah penting karena merupakan kali pertama pesawat terbang laut atau seaplane mendarat di Danau Toba.

Selain itu, mendaratnya seaplane di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige juga menunjukkan dukungan bagi industri pariwisata di daerah tersebut, terutama dengan keberadaan arena Kejuaraan Dunia F1 Powerboat yang menjadi tujuan wisata utama. 

Baca Juga: Tambah Daya Tarik Wisata, Pantai Kuta Sediakan Skatepark hingga Playground

Dengan adanya seaplane, akan membuka aksesibilitas yang lebih baik dan memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut. 

"Ini merupakan pertama kali seaplane mendarat di danau. Nantinya akan dua kali melakukan takeoff dan landing masing-masing hari ini menyesuaikan acara dan Minggu (26/2)," kata Junaidi di Balige, Sabtu. 

Pesawat amfibi tersebut dibawa dari Banyuwangi, Jawa Tengah dan terbang dari Bandara Sibisa, Ajibata, Toba menuju lokasi kompetisi F1H20. 

Baca Juga: Biaya Bahan Bakar Tinggi, KEPCO Mengalami Kerugian Operasional

Direktur Akademi Penerbang Banyuwangi Daniel Dewantoro Rumani mengatakan, pesawat di Danau Toba itu khusus untuk uji coba pesawat Cessna 172 yang mampu mengangkut empat penumpang. 

Eksperimen Danau Toba, lanjut Daniel, akan diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai operasi pesawat amfibi pertama di danau tersebut dan bandara pertama di danau tersebut. 

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x