Bantu Petani Hadapi Gagal Panen, Dinas Pertanian Tabanan Menggalakan Gerdal

- 21 Februari 2023, 09:10 WIB
Ilustrasi Dinas Pertanian Tabanan menggalakan Gerdal untuk bantu petani yang gagal panen.
Ilustrasi Dinas Pertanian Tabanan menggalakan Gerdal untuk bantu petani yang gagal panen. /Pexels / Pixabay/

RINGTIMES BALI - Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, Bali, menggalakkan Gerakan Pengendalian (Gerdal) dalam upaya untuk mengendalikan dan mencegah kerusakan tanaman oleh serangga dan hama lainnya, serta mencegah kerugian pada panen petani. 

Dengan menggalakkan Gerdal, Organisme Pengganggu Tumbuhan, Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, Bali, berupaya membantu para petani dalam mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan hama dan penyakit pada tanaman.

Hal ini akan membantu meningkatkan produksi pertanian dan memperkuat keamanan pangan di wilayah tersebut. 

Baca Juga: Bupati Klungkung Menuntut Agar Penanganan Anjing Gila Dimasukkan Dalam Peraturan Desa

"Kami menggunakan cara ini untuk membantu petani mengantisipasi dampak cuaca ekstrem hingga hama penyakit yang berpotensi membuat gagalnya panen sejumlah produksi pertanian," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan I Made Suweta di Tabanan, Bali, Senin. 

Dinas Pertanian Tabanan telah menempatkan penyuluh pertanian di tingkat desa untuk memberikan informasi dan edukasi kepada petani dalam pelaksanaan Gerdal. 

Hal ini dapat membantu petani untuk lebih memahami teknik-teknik budidaya yang lebih efektif dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di daerah tersebut. 

Baca Juga: Sidang Teddy Minahasa Berlangsung Ricuh, Hakim Beri Teguran Kuasa Hukum Terdakwa

Diharapkan dengan adanya pendampingan dari penyuluh pertanian, petani dapat menerapkan teknik-teknik budidaya yang lebih baik dan meningkatkan hasil panen mereka. 

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x