Bupati Klungkung Menuntut Agar Penanganan Anjing Gila Dimasukkan Dalam Peraturan Desa

- 21 Februari 2023, 08:12 WIB
Bupati Klungkung sedang dalam diskusi kasus Penanganan Anjing Gila
Bupati Klungkung sedang dalam diskusi kasus Penanganan Anjing Gila /instagram/@polresklungkung/

RINGTIMES BALI - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta telah meminta seluruh perangkat desa di wilayahnya untuk memasukkan penanganan rabies dalam awig-awig atau peraturan daerahnya. 

Ini merupakan langkah proaktif untuk mencegah penyebaran rabies di masyarakat.

Dengan memasukkan pengelolaan rabies ke dalam peraturan daerah, aparat desa dapat membantu memastikan bahwa langkah-langkah diambil untuk mengendalikan penyebaran rabies, seperti menyediakan vaksin untuk anjing dan mempromosikan kepemilikan hewan peliharaan yang bertanggung jawab. 

Baca Juga: Sidang Teddy Minahasa Berlangsung Ricuh, Hakim Beri Teguran Kuasa Hukum Terdakwa

Penting bagi masyarakat lokal untuk terlibat dalam pengelolaan rabies, karena mereka memainkan peran penting dalam mencegah penyebaran penyakit.

Dengan bekerja sama, aparat desa dan warga dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi manusia dan hewan. 

"Penanganan rabies butuh keseriusan dan komitmen dari semua pihak dari tingkat Kabupaten maupun di tingkat desa dengan menciptakan payung hukum yang mengatur tata cara pencegahan dan penanganan kasus rabies," katanya saat memimpin rapat koordinasi percepatan pengendalian rabies di ruang rapat Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Desa Takmung Kecamatan Banjarangkap, Kabupaten Klungkung, Senin (20/2) dikutip dari bali.antaranews.

Baca Juga: Rangkul Anak Muda Berpolitik, Partai Gelora Bali Siap Warnai Pulau Dewata

Upaya pemerintah untuk menyusun payung hukum dan menggencarkan vaksinasi terhadap anjing rabies merupakan langkah yang penting untuk menangani kasus rabies dan mengurangi potensi bahaya yang mengancam keselamatan masyarakat Klungkung. Vaksinasi terhadap anjing rabies dapat membantu mencegah penyebaran virus rabies ke manusia, sehingga dapat mengurangi jumlah kasus rabies yang terjadi. 

Selain itu, untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya rabies dan cara pencegahannya, seperti menghindari kontak dengan hewan yang terinfeksi, mencuci luka dengan sabun dan air mengalir jika terkena gigitan hewan, serta segera mencari perawatan medis jika dicurigai terinfeksi virus rabies. 

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x