Maknai Hari Tumpek Klurut untuk Memupuk Kebersamaan Penuh Kasih Sayang

- 18 Februari 2023, 19:45 WIB
Maknai Hari Tumpek Klurut Untuk Memupuk Kebersamaan Penuh Kasih Sayang.
Maknai Hari Tumpek Klurut Untuk Memupuk Kebersamaan Penuh Kasih Sayang. /I Gede Sarjana/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Hal tersebut disampaikan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta saat menghadiri persembahyangan bersama dii Pura Kehen, Kelurahan Cempaga, Bangli pada hari Sabtu, 18 Ferbuari 2023 yang di pimpin (dipuput) Jro Gede Kehen.

Diketahui dalam surat edaran Gubernur Bali nomor 04 tahun 2022 tentang Tata-Titi kehidupan masyarakat Bali, berdasarkan kearifan lokal dan melalui intruksi Gubernur Bali no 08 tahun 2022.

Serta didasari pertimbangan bahwa nilai - nilai adiluhung Sad Kerthi untuk perlu dipahami, dihayati, diterapkan dan dilaksanakan secara menyeluruh serta berkelanjutan dengan penuh rasa tanggung jawab oleh masyarakat Bali.

Baca Juga: Marak Penjualan Hotel di Bali, Kadispar Tegaskan itu Hal Biasa

Lebih lanjut, Bupati Sedana Arta menyampaikan, Tumpek Krulut adalah Tumpek yang ke Empat dari Enam Tumpek yang ada dalam siklus kalender Bali.

Dimana pada Tumpek Krulut ini kita memuja Ida Sanghyang Widi Wasa/Sang Pencipta dalam wujud manifestasinya sebagai Dewa Iswara dalam Agama Hindu.

"Kita memohon wanugraha (berkah) agar kita terus menerus diberi kesenangan dan kebahagiaan lahir bathin dalam menjalani roda kehidupan ini" ujar Sedana Arta.

Baca Juga: Viral, Bayi Laki-laki Umur Satu Tahun Miliki Berat 25 Kilogram

Sedana Arta juga menyampaikan Rahina Tumpek Krulut merupakan Rahina Tresna Asih/ Hari Kasih Sayang Dresta (menurut kepercayaan umat Hindu) di Bali.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x