Gempa 4,9 di Lombok Utara Terasa Hingga Bali, BMKG Beri Analisa

- 18 Februari 2023, 15:46 WIB
/BMKG Bali

RINGTIMES BALI - Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 yang berpusat di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada hari, Sabtu 18 Februari 2023. Getaran gempa tersebut terasa hingga Lombok Barat, Kota Mataram, dan Karangasem, Bali.

Menurut hasil analisis BMKG Bali menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,9. Episenter terletak pada koordinat 8,15° LS; 115,89° BT.

Dan diduga Pusat gempa tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 kilometer barat laut Lombok Utara pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," jelas Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam rilisnya.

Baca Juga: Jelang Bali United vs Persebaya, Skuad Serdadu Tridatu Siap Tempur

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike-Slip Fault)," sambungnya.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi berdampak pada guncangan yang dirasakan di wilayah Karangasem, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara.

Getaran yang dirasakan dengan skala III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Untuk wilayah Lombok Timur, Denpasar, Badung, Tabanan getaran yang dirasakan dengan skala II MMI.

Halaman:

Editor: Jero Kadek Wahyu Baratha


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x