Pemkab Tabanan Laksanakan Peringatan Siwaratri di Pura Dalem Purwa Kubon Tingguh

- 22 Januari 2023, 09:31 WIB
Pemkab Tabanan Laksanakan Peringatan Siwaratri di Pura Dalem Purwa Kubon Tingguh.
Pemkab Tabanan Laksanakan Peringatan Siwaratri di Pura Dalem Purwa Kubon Tingguh. /dok. Humas Tabanan

RINGTIMES BALI – Memaknai Hari Siwaratri sebagai hari yang baik dalam kegiatan penyucian dan perenungan diri serta melakukan pemujaan kepada Sang Hyang Siwa, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M.

Dalam hal ini diwakili oleh Sekda Dr. I Gede Susila, S.Sos.,M.Si mengajak serta jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk melakukan persembahyangan dalam acara peringatan Hari Suci Siwaratri yang berlangsung di Pura Dalem Purwa Kubon Tingguh, Desa Denbatas, Kecamatan Tabanan, Jumat Sore, (20/1).

Persembahyangan yang dipimpin oleh Ida Ratu Pedanda Griya Tuakilang ini dihadiri oleh Ketua PHDI Kabupaten Tabanan, Kepala Kantor Kementerian Agama, Manggala PAKIS Tabanan, Para Asisten Sekda, seluruh kepala OPD Pemkab Tabanan.

Baca Juga: Pemerintah Larang Rokok Eceran, Pedagang di Denpasar Beri Tanggapan Menohok

Beserta seluruh Kepala Bagian Setda Tabanan, Para Camat Se-Kabupaten Tabanan, para Dirut Perumda, Para Pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan yang kedatangannya disambut oleh Bendesa Adat Kebon Tingguh dan Perbekel Desa Denbatas beserta krama desa setempat.

Apresiasi positif disampaikan dalam sambutan Bupati yang dibacakan Sekda Susila atas terselenggaranya kegiatan persembahyangan Hari Suci Siwaratri guna pelestarian adat, agama dan budaya yang merupakan warisan leluhur yang adiluhung.

Hari Siwaratri dimaknai sebagai hari suci yang disakralkan oleh semua umat Hindu, maka dengan melaksanakan pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Siwa.

Baca Juga: Pemkab Jembrana Tingkatkan Anggaran Lomba Ogoh-ogoh, Masing-masing STT dapat Dana Apresiasi

Jatuh di setiap satu tahun sekali bedasarkan kalender isaka yakni pada purwaning tilem atau panglong ping 14 (pat belas) sasih kepitu (bulan ke tujuh) dan dalam kalender masehi jatuh di setiap bulan Januari, Siwaratri memiliki makna khusus bagi umat Hindu.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x