Gubernur Bali Adakan Lomba Ogoh-ogoh, Hadiah Hingga Puluhan Juta Rupiah

- 10 Januari 2023, 17:02 WIB
Pamflet lomba ogoh-ogoh 2023 yang akan di gelar Gubernur Bali.
Pamflet lomba ogoh-ogoh 2023 yang akan di gelar Gubernur Bali. /Facebook/DinasKebudayaanProvinsiBali/

RINGTIMES BALI - Gubernur Bali, Wayan Koster memberikan izin pembuatan dan pengarakan Ogoh-ogoh dalam perayaan hari Nyepi Maret mendatang. Rencananya lomba akan diadakan di tempat masing-masing sebelum diparadekan.

Setelah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditiadakan di Indonesia, khususnya Bali.

Tahun 2023 ijin pembuatan dan pengarakan Ogoh-ogoh kembali berjalan normal tanpa adanya pembatasan peserta saat parade berlangsung.

Baca Juga: Pelayanan Kesehatan Tradisional di Bali Jadi Program Unggulan, Dinkes: Sudah Ada di 10 RS Pemerintah

Koster menyebut kegiatan ini sebagai sarana untuk mewadahi kreativitas anak muda di Bali dalam semangat dan antusiasnya menyambut hari Nyepi dengan membuat Ogoh-ogoh.

“Saya menyadari bahwa generasi muda Bali memiliki talenta dan jiwa seni yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kreasi seni yang diciptakan, salah satunya Ogoh-ogoh,” ujar Wayan Koster.

Lomba Ogoh-ogoh merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diadakan Gubernur Bali terhadap kreativitas generasi muda se- Bali dalam perayaan Hari Raya Nyepi di bulan Maret mendatang.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dezire Mulyani Targetkan Okupansi Hotel di Denpasar Capai 70 Persen hingga Akhir Tahun 2023

Lomba ogoh-ogoh ini meliputi beberapa kriteria seperti: Ogoh-ogoh yang dibuat harus baru , penilaian akan diadakan di tempat (Balai Banjar, Balai Desa atau tempat lain), Ogoh-ogoh harus terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, tingginya 3-5 meter diukur dari alas (beti/kotak), bentuk Ogoh-ogoh harus bercirikan tradisi Hindu Bali dan jauh dari unsur politik, SARA, dan pornografi, dan yang terakhir Ogoh-ogoh dapat berwujud Santa Rupa (figur kedewataan) atau Rudra Rupa (Figur Keraksaan).

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x