Dinas Pariwisata Denpasar Dorong Enam Desa Wisata: 2023 Sudah Bisa Maju Sendiri

- 9 Januari 2023, 17:00 WIB
Dinas Pariwisata Denpasar Dorong Enam Desa Wisata: 2023 Sudah Bisa Maju Sendiri.
Dinas Pariwisata Denpasar Dorong Enam Desa Wisata: 2023 Sudah Bisa Maju Sendiri. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Dinas Pariwisata Kota Denpasar dorong perkembangan enam Desa Wisata selama 2023. Di antaranya Desa Penatih, Kesiman Kertalangu, Sanur Kaja, Sanur, Sanur Kauh, dan Serangan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Dezire Mulyani ungkap diperlukan pengelolaan terhadap potensi yang dimiliki masing-masing desa wisata.

Seperti halnya potensi seni patung yang ada di Penatih, pantai di Sanur, hingga pura di Serangan.

Baca Juga: Bayar Pakir Digital Belum Efektif di Denpasar, Dirut Perumda: Masyarakat Belum Mau Karena Transaksi Kecil

“Mereka harus mengembangkan desa mereka sendiri sebagai daerah wisata baru dengan mengelola semua potensi yang ada. Itu yang memang kita sudah mengadakan pelatihan,” ujarnya pada Sabtu, 7 Januari 2022.

Menurutnya pelatihan untuk desa wisata diperlukan agar muncul orang-orang yang memiliki jiwa kepemimpinan ataupun wirausaha guna memajukan desa.

Disebutkan perputaran ekonomi di desa wisata Denpasar selama ini bersumber dari bisnis-bisnis yang dibangun oleh masyarakat. Sehingga diperlukan upaya-upaya pembenahan selama tahun 2023.

Baca Juga: Pembangunan SMPN 15 Denpasar Terhambat Akibat Cuaca Ekstrim di Bali

“Pertama yaitu pembenahan destinasi terkait daya tarik mereka, itu yang harus difokuskan paling utama. Kedua, manusia sebagai pengelolanya untuk menggerakkan dan memelihara desa,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x