Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Hingga 7 KM, Warga Dihimbau Tidak Lakukan Aktivitas

- 4 Desember 2022, 11:30 WIB
Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Hingga 7 KM, Warga Dihimbau Tidak Lakukan Aktivitas.
Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Awan Panas Hingga 7 KM, Warga Dihimbau Tidak Lakukan Aktivitas. /magma.esdm.go.id

RINGTIMES BALI – Update aktivitas Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi dan diketahui telah mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Minggu, 4 Desember 2022.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Awan Panas Guguran erupsi Gunung Semeru terjadi pukul 02.46 WIB.

Sumber APG tersebut berasal dari tumpukan material di ujung lidah lava, sekitar 800 meter dari puncak Kawah Jonggring Seloko.

Baca Juga: Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2022 di Denpasar, Tampilkan Gempita Ekspresi Disabilitas

Terjadi peluncuran APG hingga pukul 06.00 WIB hingga jarak 7 km dari puncak ke arah Besuk dan diketahui tinggi kolom erupsi 1500 meter di atas puncak Gunung Semeru.

Dilansir dari magma.esdm.go.id pada hari ini sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB telah terjadi 8 kali Gempa Letusan dan satu kali Gempa Awan Panas Guguran.

Hal tersebut menunjukkan bahwa aktivitas erupsi dan APG Gunung Semeru masih sangat tinggi, sehingga selain awan panas juga berpotensi adanya aliran lahar, mengingat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Gunung Semeru.

Baca Juga: Kedubes AS dan PM Spanyol Terima Surat Teror yang Diduga Bom

Dengan melihat potensi bahaya tersebut maka Badan Geologi menyatakan bahwa Gunung Semeru masih berada pada level III SIAGA.

Halaman:

Editor: Annisa Fadilla


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x