RS Bali Mandara Jadi Rujukan Puncak G20, Direktur: Kita Siap Mendukung Agar Berjalan Lancar

- 12 November 2022, 12:15 WIB
RS Bali Mandara jadi rujukan puncak KTT G20.
RS Bali Mandara jadi rujukan puncak KTT G20. /Ni Made Ari Rismaya Dewi/Ringtimes Bali

RINGTIMES BALI - Rumah Sakit (RS) Bali Mandara telah menyiapkan layanan kesehatan untuk perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tanggal 15 hingga 16 November 2022.

Plt. Direktur RS Bali Mandara Ketut Suarjaya ungkap persiapan layanan tersebut sudah dimulai sejak bulan Januari 2022

RS Bali Mandara telah menyiapkan dua mini Intensive Care Unit (ICU) yang akan ditempatkan di Bandara Ngurah Rai dan venue di Nusa Dua untuk atensi kepala negara.

Baca Juga: Jadi Tujuan Destinasi Delegasi G20, TCEC Serangan Berikan Edukasi Tentang Konservasi Penyu

“Kami membuka mini ICU dengan dokter spesialis jantung, anestesi, dalam, bedah, perawat, dan ambulans selama 7 hari 24 jam. Mereka standby dengan mini ICU yang telah kami setting di sana, baik di bandara maupun di tempat delegasi menginap,” ujarnya pada Kamis, 10 November 2022.

Layanan kesehatan lainnya terkait G20 juga telah dipersiapkan sejak bulan Januari 2022. Di antaranya 27 jenis layanan poliklinik, 6 layanan operasi, 207 tempat tidur, 11 tempat tidur VIP, 5 tempat tidur VVIP, hingga 12 ICU dan ICCU.

Sementara tenaga medis yang siaga di RS Bali Mandara terdiri dari 77 dokter spesialis, 32 dokter umum, 495 perawat, serta bidan dan tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga: TPA Suwung Ditutup Selama G20, Pemkot Denpasar Maksimalkan TPS dan TPS3R

“Sebagian kami setting untuk delegasi yang mengalami gangguan kesehatan dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) juga kami siapkan secara terpisah, walaupun satu unit itu ada tergantung kondisi sakitnya. Kalau dia (delegasi) mengalami Covid-19, ada ruang isolasi serta kalau bedah medik biasa, ada tersendiri,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan alur khusus untuk delegasi dalam keadaan darurat dengan dokter spesialis, terutama anestesi, yang siaga selama 24 jam di IGD.

Halaman:

Editor: Muhammad Khusaini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x